Tips Mudah Tambah Daya Listrik PLN Secara Online Maupun Offline

Tips Mudah Tambah Daya Listrik PLN Secara Online Maupun Offline

TIPS mudah tambah daya listrik PLN secara online maupun offline.-Humas PLN Kalbar-

HARIAN DISWAY - Listrik memang selalu menjadi kebutuhan yang sangat penting dan diutamakan oleh banyak orang. Bahkan, ada beberapa orang yang membutuhkan daya listrik yang lebih besar.

Saat ini, perkembangan teknologi sangat pesat, sehingga semakin banyak peralatan elektronik yang membutuhkan listrik di rumah dan jumlah perangkat listrik yang ada di rumah juga semakin banyak.

Tidak jarang, hal ini membuat listrik di rumah mati. Atau yang biasa disebut njeglek oleh orang Jawa. Karena tidak mampu menampung besaran listrik yang diterima. Akibatnya, beberapa peralatan elektronik harus dicabut atau dimatikan sementara.


TIPS mudah tambah daya listrik PLN secara online maupun offline.-Humas PLN-

BACA JUGA: BPN dan PLN Kolaborasi Amankan Aset Negara

Karena daya di rumah tidak kuat menampung besaran listrik yang diterima, penambahan daya memang harus dilakukan. Agar perangkat elektronik yang digunakan secara bersamaan bisa berjalan dengan stabil.

Namun, jangan khawatir! Untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat, sekarang layanan pasang baru atau penambahan daya listrik PLN bisa dilakukan secara online melalui situs resmi PLN.

BACA JUGA: Waspadai Penipu Bermodus Petugas PLN

Artinya, masyarakat tidak perlu lagi mendatangi kantor PLN. Anda hanya perlu berada di rumah menggunakan ponsel atau laptop/desktop untuk mengakses laman tersebut, maka penambahan daya atau pasang baru listrik PLN bisa dilakukan dengan mudah tanpa repot harus datang ke kantor PLN.

Berikut ini beberapa langkah dalam prosedur menambah daya PLN yang bisa Anda lakukan baik secara online maupun offline:

BACA JUGA: Dapat Kucuran Rp 85,6 Miliar dari FIFA, PSSI Bangun Delapan Lapangan Training Center di IKN


TIPS mudah tambah daya listrik PLN secara online maupun offline.-PLN-

1. Tambah daya listrik PLN secara online

  • Buka situs layanan PLN di https://layanan.pln.co.id/ kemudian tekan "Ubah Daya".
  • Baca syarat dan ketentuan untuk pemasangan baru atau perubahan daya secara online, lalu tekan "Setuju".
  • Masukkan ID pelanggan atau ID meteran, lalu klik "Cari".
  • Jika data Anda sudah muncul di layar, klik "Penambahan Daya" dan isi identitas. Jika data Anda sama dengan yang ada di database PLN, centang pada pilihan "Copy Data Pelanggan".
  • Masukkan perubahan daya yang Anda inginkan, baik menambah daya maupun mengurangi daya.
  • Setelah mengisi, biaya tambah daya PLN akan muncul di layar. Biaya hanya dikenakan untuk menambah daya, sedangkan untuk mengurangi daya tidak dikenakan biaya.
  • Jika Anda masih menggunakan sistem pascabayar dengan meteran listrik lama, maka Anda akan menerima meteran baru yang memungkinkan sistem prabayar.
  • Jika berhasil, Anda akan menerima email dari PLN mengenai permohonan perubahan daya. Klik konfirmasi pada tautan di dalam email tersebut.
  • Tautan ini akan mengarahkan Anda ke situs PLN yang akan menampilkan kode pembayaran untuk menambah daya listrik beserta daftar tempat pembayaran resmi PLN seperti Payment Point Online Bank (PPOB) atau Kantor Pos (dengan biaya administrasi).
  • Tunggu sekitar 10 hari kerja sampai petugas PLN datang untuk menambah daya listrik dan, jika diperlukan, mengganti meteran listrik.

BACA JUGA:Adu Taktik El Clasico Jawa Timur Persebaya Vs Arema FC, Siapa Unggul?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pln