Suga BTS Mulai Wajib Militer Sebagai Agen Pelayan Publik, Apa Itu?

Suga BTS Mulai Wajib Militer Sebagai Agen Pelayan Publik, Apa Itu?

SUGA BTS mulai wajib militer sebagai agen pelayan publik, apa itu?-Getty Images via AFP-

HARIAN DISWAY - D-Day, alias Hari-H keberangkatan Suga BTS menjalani wajib militer telah tiba. Ia memulai tugas sebagai abdi negara mulai Jumat, 22 September 2023 lalu.

Tidak seperti Jin dan J-Hope yang menjadi tentara aktif, Suga mendapat tugas sebagai agen pelayan sosial atau pelayan publik. Itu karena ia pernah mengalami kecelakaan lalu lintas dan menderita cedera bahu pada 2012.

Karena itu, tidak seperti Jin dan J-Hope pula, para member BTS yang lain tidak melepasnya di depan pusat pelatihan militer. Tidak ada pula foto-foto Suga berambut cepak khas tentara yang dirilis Bighit Music.

BACA JUGA: Akhirnya Nongol! Suga BTS Live Weverse Sebelum Wamil: Lapor, Aku Masih Hidup, Lho!

Sebelum memulai tugas, pada Jumat dini hari, Suga sudah berpamitan kepada ARMY (sebutan fans BTS). Surat yang diunggah di WeVerse itu pendek, namun tetap memancing banjir air mata ARMY. Terutama fans penyanyi bernama asli Min Yoongi itu.


SUGA BTS mulai wajib militer sebagai agen pelayan publik, apa itu?-Weverse BTS-

''Halo ini Suga. Aku ingin menyapa kalian! Berkat ARMY, kita bisa sampai di titik ini,'' Suga BTS membuka percakapan dengan fans.

''Kini, waktunya telah tiba. Aku akan kembali setelah menuntaskan tugasku dengan baik. Hati-hati dengan dinginnya musim gugur. Sehat-sehatlah kalian, dan mari bertemu lagi pada 2025 nanti,'' tulis rapper berusia 30 tahun itu.

Nah, kalau tidak jadi tentara aktif, bagaimana Suga menjalani tugas selama wamil? Apa yang dimaksud dengan agen pelayan sosial? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA: Future’s Gonna Be Okay, Reaksi ARMY Soal Suga BTS Masuk Wamil 22 September 2023 Bikin Ngakak Sekaligus Sedih

Petugas Pelayan Publik di Korea

Petugas pelayan publik (public service worker atau social service agent) adalah bentuk alternatif dari wajib militer di Korea.

Pilihan itu diberlakukan kepada warga negara yang dinilai tidak cukup fit untuk menjadi tentara aktif. Bisa karena alasan kesehatan, kesulitan ekonomi, hingga keadaan keluarga.


SUGA BTS mulai wajib militer sebagai agen pelayan publik, apa itu?-Weverse BTS-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: korean herald