Suga BTS Mulai Wajib Militer Sebagai Agen Pelayan Publik, Apa Itu?

Suga BTS Mulai Wajib Militer Sebagai Agen Pelayan Publik, Apa Itu?

SUGA BTS mulai wajib militer sebagai agen pelayan publik, apa itu?-Getty Images via AFP-

Dalam kasus Suga, ia menjadi pelayan publik karena cedera bahu menahun yang dideritanya setelah mengalami kecelakaan lalu lintas pada 2012. Ketika masih menjadi trainee. Cedera itu akhirnya dioperasi pada akhir 2020.

Petugas pelayan publik tidak di bawah komando militer langsung. Mereka ditempatkan di pos-pos strategis di berbagai instansi pemerintahan. Mulai dari sekolah, kantor pemerintahan, panti jompo, stasiun bawah tanah, sampai tempat parkir.

Bighit Music tidak mengungkapkan detail di mana Suga bertugas. Agensi BTS itu mengimbau fans untuk tidak mencari dan mendatangi Suga di tempat kerjanya.

BACA JUGA: Duh, Suga BTS Masuk Wamil 22 September, ARMY: Sudah Tahu Tapi Tetap Nyesek!

Berapa Lama Durasi Tugasnya?

Sebagai kompensasi, petugas pelayan publik harus menempuh waktu lebih lama daripada tentara aktif. Kalau jadi tentara, peserta wamil bisa bebas tugas dalam 18 bulan. Sedangkan petugas pelayan publik 21 bulan.

Jadi, Suga diperkirakan bebas tugas pada 21 Juni 2025 mendatang. Ah, lama banget!

BACA JUGA: Penasaran dengan Masa Depan BTS Setelah Wamil? Begini Prediksi V dan Suga Soal Konser BTS pada 2025 Nanti!

Apakah Mereka Menjalani Pelatihan Dasar Militer?


SUGA BTS mulai wajib militer sebagai agen pelayan publik, apa itu? Ini momentum waktu member BTS melepas J-Hope (tengah) yang berangkat wamil pada April 2023 lalu.-Bighit Music-

Ya. Petugas pelayan publik juga harus menjalani pelatihan dasar. Namun, durasinya lebih pendek dibandingkan latihan dasar buat tentara aktif. Tentara aktif bakal berlatih selama lima pekan. Sedangkan pelayan publik hanya tiga pekan.

Latihan dasar itu tidak dilakukan langsung ketika si peserta bergabung di militer. Tapi bisa selang sebulan atau dua bulan setelah menjalankan tugas di kantor.

ARMY menduga, saat berangkat menjalani pelatihan dasar itulah, Suga bakal dilepas oleh keempat member yang lain. Yakni RM, Jimin, V, dan Jungkook.

BACA JUGA: Suga BTS Siap-Siap Masuk Wajib Militer, ARMY Siap-Siap Patah Hati Lagi

Kontroversi

Petugas pelayan publik kerap memicu kontroversi. Sebab, anak-anak pejabat sering kali mendapatkan keistimewaan ini jika mereka malas menjadi tentara aktif. Namun, Korea juga pernah dikritik oleh ILO (badan PBB yang mengurusi tenaga kerja) karena memaksakan warga negara yang tidak fit untuk tetap bekerja keras.

Wamil BTS


SUGA BTS mulai wajib militer sebagai agen pelayan publik, apa itu?-Bighit Music-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: korean herald