Jelang Gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Wamenparekraf Berharap Ada Dampak Ekonomi

Jelang Gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Wamenparekraf Berharap Ada Dampak Ekonomi

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo meninjau Stadion GBT bersama Menpora Dito Ariotedjo dan CEO Persebaya Azrul Ananda-Kemenparekraf-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo meninjau Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 23 September 2023. 

Kunjungan tersebut untuk memastikan secara langsung kesiapan salah satu venue yang akan dijadikan tempat berlangsungnya pertandingan Piala Dunia U-17 2023. 

Event kelas dunia tersebut pertama kalinya diadakan di Indonesia pada 10 November hingga 2 Desember 2023 mendatang. 

BACA JUGA:Kredit Khusus Peserta BPJS Ketenagakeryaan Lewat Pinang Flexi, Bisa Pinjam Hingga Rp 25 Juta

Wamenparekraf Angela didampingi bersama dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, meninjau sejumlah titik di antaranya lapangan, tribun VVIP, dan tribun keluarga.

Wamenparekraf Angela terlihat begitu kagum melihat wajah Stadion Gelora Bung Tomo secara langsung yang akan menjadi venue pembukaan Piala Dunia U-17 2023 sebagaimana telah ditetapkan oleh Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

“Kehadiran event bertaraf dunia tentunya memberikan multiplier effect yang besar utamanya terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Angela.  

Efek tersebut akan berdampak pada industri hotel, restoran, penerbangan, hingga pelaku UMKM ekonomi kreatif turut andil dan menerima manfaatnya. 

BACA JUGA:Menang Lawan Arema, Josep Gombau Puji Mentalitas Skuad Green Force

”Harapannya akan terbuka lebih luas peluang usaha dan lapangan kerja,” jelasnya. 

Sebagai contoh penyelenggaraan event internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP Mandalika 2022) yang digelar di Mandalika pada 18 - 20 Maret 2022. 

Dari satu event tersebut saja sudah dapat menghasilkan nilai tambah ekonomi hingga lebih dari Rp4,5 triliun.

Selain Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, ada tiga lokasi lainnya yang dijadikan venue Piala Dunia U-17 di antaranya Jakarta International Stadium (JIS), DKI Jakarta; Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Jawa Barat; dan Stadion Manahan  Solo, Jawa Tengah.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: