Cerita Dokter Tim Persebaya dr Ahmad Ridhoi Ikut Selamatkan Nyawa Bek Dewa United Ady Setiawan

Cerita Dokter Tim Persebaya dr Ahmad Ridhoi Ikut Selamatkan Nyawa Bek Dewa United Ady Setiawan

Dokter tim Persebaya Ahmad Ridhoi dan Dani (fisioterapi) ketika memberikan bantuan pertama pada kejadian kolapsnya Ady Setiawan.--

TANGERANG, HARIAN DISWAY - Ada momen menyedihkan terjadi di laga Dewa United vs Persebaya, Sabtu 30 September 2023. Di menit ke-37, bek kanan Dewa United Ady Setiawan terkapar setelah bertabrakan dengan bek kanan Persebaya, Catur Arif Pamungkas.

Kejadian itu menyebabkan Ady Setiawan langsung tak sadarkan diri. Ada aksi heroik dari dokter Persebaya dr Ahmad Ridhoi di laga itu. Meskipun yang tersungkur pemain lawannya, Ahmad Ridhoi langsung berlari begitu melihat tabrakan itu mengenai kepala Ady Setiawan.

Dokter Ridhoi, begitu ia biasa disapa, langsung ikut lari dari bench Persebaya menuju titik di mana Ady tersungkur. Tepatnya di area kanan pertahanan Persebaya.

"Saya putuskan masuk ke lapangan karena saya sempat melihat tabrakan itu mengenai kepala Ady," kata dr Ridhoi ditemui di hotel tempat Persebaya menginap di Tangerang.

BACA JUGA:Ripal Wahyudi Cetak Gol Pertamanya untuk Persebaya: Untuk Bonek!

Doker Ridhoi mengatakan, sebagai tenaga medis, sudah sewajarnya ia harus turut memberikan bantuan. "Saat itu saya langsung membagi tugas dangan tim medis Dewa United," katanya.

Banyak yang menyebut, peran dokter Ridhoi cukup vital dalam menyelamatkan nyawa Ady saat itu. Sebab, ia yang memberikan penanganan utama sehingga membuat Ady bisa tersadar.

"Iya, langkah pertama yang saya lakukan adalah membuatnya sadar dengan menekan bagian sternum atau dada," kata dokter lulusan Universitas Airlangga (Unair) itu.

Dokter Ridhoi tak ingin ia disebut berperan penting dalam menyelamatkan nyawa Ady. Sebab menurutnya, di sana tim medis kedua tim saling bekerjasama sama.

"Kerjasama itulah yang membuat penanganan kasus ini lebih cepat dan tepat," katanya.

BACA JUGA:Klasemen Liga 1: Persebaya Masuk Lima Besar, Arema FC Pepet Persita

Saat itu tim medis dari Dewa United ikut memfiksasi dan membebaskan jalan nafas Ady Setiawan. Sementara fisio dari Persebaya, Dani, dibantu fisio dari Dewa United bertugas memposisikan badan Ady agar tetap "line position".

"Dengan begitu Ady kemudian bisa dipindahkan dari lapangan ke ambulan," ceritanya.

Manajer Persebaya Yahya Alkatiri mengapresiasi inisiatif tim medis Persebaya dalam memberian pertolongan untuk Ady Setiawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: