Warga Surabaya Tak Usah Panik, Stok Beras Surplus 15 Ribu Ton, Harga Masih Stabil

Warga Surabaya Tak Usah Panik, Stok Beras Surplus 15 Ribu Ton, Harga Masih Stabil

Distribusi beras SPHP ke pasar-pasar di Kota Surabaya -Humas Pemkot Surabaya -

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Melambungnya harga beras yang tak kunjung turun bikin resah masyarakat. Presiden Joko Widodo pun memutuskan untuk segera menyalurkan bantuan sosial (bansos) dan operasi pasar beras. Stok beras pun dipastikan aman.

Begitu pula di Kota Surabaya. Pemkot menjamin kebutuhan beras sebesar 15 ribu ton per bulan bisa dipenuhi.

Kepastian itu mengacu data Indeks Ketahanan Pangan (IKP) hingga pertengahan September lalu mencapai 2,01.

“Artinya, antara kebutuhan dengan ketersediaan menunjukkan sangat aman, karena ketersediaan beras sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Surabaya,” ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya Antiek Sugiharti dalam keterangan resmi, Kamis, 5 Oktober 2023.

Total perkiraan kebutuhan selama satu bulan di Kota Surabaya sebanyak 15.775 ton. Stok yang tersedia melebihi, yaitu 31.696 ton.

BACA JUGA:Geliat Surabaya Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 (2) : Nikmati Atmosfer Seni di Alun-Alun Surabaya

BACA JUGA:Pengunjung Blackhole KTV Club Lenmarc Tewas, Ada Luka Lebam dan Lecet, Kata Polisi Karena Sakit Maag

Sedangkan, imbuh Antiek, harga rata-rata dari survei petugas pasar di lapangan menunjukkan masih aman dan stabil. Untuk harga rata-rata beras premium Rp 13.333 dan medium Bulog Rp10.900.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya Dewi Soeriyawati memastikan bakal terus mendistribusikan beras Bulog untuk pedagang di pasar-pasar utama. Ini demi pengendalian harga.

Pemkot pun secara berlanjut melakukan Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) komoditas beras kepada pedagang-pedagang di pasar-pasar Kota Surabaya. Yakni sebanyak 52 ton per minggu. 

"Kita juga gelar Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilaksanakan dengan menyediakan minimal 8 ton dalam 1 lokasi/1 kali pelaksanaan,” katanya.

Dewi meminta warga tidak khawatir karena ketersediaan masih sangat cukup. PD Pasar Surya dan pengelola pasar juga memonitor ke stan-stan yang mendapatkan dropping beras SPHP.

BACA JUGA:Geliat Surabaya Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 (1): Momentum Kebangkitan Wisata Heritage

BACA JUGA:Jadwal Layanan SIM Keliling Surabaya 4-5 Oktober 2023, Segini Ongkosnya..

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: