Anda sedang Diteror Debt Collector Pinjol? Tenang, Ada Cara Menghindarinya

Anda sedang Diteror Debt Collector Pinjol? Tenang, Ada Cara Menghindarinya

Anda perlu memilih layanan pinjol yang sudah resmi atau legal terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). -Getty Images-

HARIAN DISWAY - Kasus debt collector (DC) lapangan dari platform pinjaman online (pinjol) sudah banyak terjadi. Mereka akan mengganggu ketentraman hidup Anda sampai tagihan angsuran yang tertunggak di platform pinjol telah Anda bayar.

Bahkan, ada juga yang akhirnya menyalahgunakan data pribadi untuk melakukan penagihannya. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu berhati-hati dalam memilih pinjol.

Anda perlu memilih layanan pinjol yang sudah resmi atau legal terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Anda juga jangan cepat tergiur promo yang diberikan platform peer to peer lending ini.

Pun di zaman saat ini, banyak bermunculan pinjol abal-abal. Proses pinjamannya sangat mudah hingga membuat seseorang tergiur.  

Satgas Waspada Investasi (SWI) setidaknya sudah memberantas 116 situs pinjol tidak resmi atau ilegal hingga 31 Oktober 2021. Kemudian, apabila ditarik dari awal tahun 2008 jadi totalnya mencapai 3.631 pinjol ilegal yang sudah diberantas.

BACA JUGA: Empat Rekomendasi Pinjol untuk para Pelajar

Tidak hanya itu, biasanya ketika Anda menginstal aplikasi pinjol, akan ada permintaan untuk mengakses kontak dalam smartphone Anda. Hal tersebut nantinya akan digunakan untuk meneror.

Ketika Anda ingin menghapus data diri dari pinjol, Anda harus pastikan dulu bahwa Anda sudah melunasi semua utang beserta beban bunganya. 

Karena, Anda tidak boleh lari dari tanggung jawab dengan meminjam uang tanpa melakukan pengembalian. Apabila hal tersebut dilakukan, Anda justru telah menyalahi aturan dan melanggar hukum.

DC pinjol akan terus meneror hingga nasabah melakukan pembayaran tagihan. Hal tersebut akan dilakukan dalam rentang waktu satu minggu, dua minggu, bahkan dapat berbulan-bulan sampai nasabah melakukan pembayaran tagihan.

Oleh karena itu, Anda perlu membayar tagihan tepat waktu supaya tidak didatangi DC pinjol. Tim penagih ini juga akan melancarkan aksi terornya ketika mendekati masa jatuh tempo.

BACA JUGA: Tagihan Pinjol Ilegal Apakah Wajib Dilunasi? Ini Solusi dan Konsekuensinya..

Namun, apabila Anda sudah terlanjur masuk dalam dunia pinjol ilegal yang suka menyebar data pribadi, berikut tips supaya Anda tidak terus-terusan diteror oleh pinjol.

  • Hapus data diri pada aplikasi pinjol
  • Hapus aplikasi pinjol
  • Ganti nomor SIM card

Hubungi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: