Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Sudah Masuk Perencanaan Kemenhub, Ini Dia Rute yang Dilewati

Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Sudah Masuk Perencanaan Kemenhub, Ini Dia Rute yang Dilewati

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi -Humas Pemkot Surabaya -

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Rute kereta cepat Jakarta-Bandung alias Whoosh akan diperpanjang ke Surabaya. Uji kelayakan proyek ini sedang dikerjakan. Tetapi, perencanaan sudah masuk ke Kementerian Perhubungan.

Rencananya, jalur kereta cepat ke Surabaya bakal disambung dari jalur kereta cepat eksisting yang sudah dibangun hingga ke Bandung. Jalur ini pun akan melintasi wilayah selatan Pulau Jawa.

Kota yang dilalui Kereta Cepat Jakarta-Surabaya adalah Jakarta - Bandung - Yogyakarta - Solo, hingga ke Surabaya. Sepanjang jalur tersebut, kota-kota yang bakal dilewati antara lain Karawang, Kertajati, Purwokerto, dan Madiun.

BACA JUGA: Resmikan Kereta Cepat, Jokowi Ganti Kata Handal dalam Akronim WHOOSH Menjadi Hebat

Jaraknya antara Jakarta ke Surabaya dan sebaliknya sekitar 888 kilometer. Dan bisa ditempuh hanya dalam 3,5 jam. Sebab, kereta cepat memang lebih efisien bila menempuh jarak lebih dari 500 kilometer.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyambut baik proyek tersebut. Apalagi, Kota Surabaya dan Jakarta merupakan salah satu pusat bisnis di Indonesia.

Apabila kereta cepat Jakarta-Surabaya terealisasi, maka masyarakat akan lebih banyak pilihan moda transportasi. Baik itu melalui jalur udara pesawat maupun kereta cepat.


Jokowi saat peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh, 2 Oktober lalu. KCJB merupakan PSN yang berhasil diselesaikan oleh pemerintahannya-Kemenhub-

BACA JUGA: Kereta Cepat Whoosh Diresmikan Presiden, Luhut Gratiskan Tiket Hingga Pertengahan Oktober

"Sehingga transportasi akan banyak pilihan, melalui udara maupun kereta. kita support penuh dan berdoa semoga bisa terwujud (kereta cepat) Surabaya-Jakarta," ujarnya.

Namun, Eri Cahyadi mengatakan, saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan Pemkot Surabaya soal rencana tersebut. Ia cuma memastikan perencanaan proyek sudah masuk ke Kemenhub.

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuat cetak biru rancangan dari Bandung ke Surabaya.

BACA JUGA: Sempat Molor, Presiden akan Soft Launching Kereta Cepat Hari Ini, 2 Oktober 2023

"Tentu apa yang kita buat adalah satu konsep yang meneruskan apa yang sudah kita letakkan pada dasar transformasi dari kereta cepat," kata Budi saat ke Surabaya, dikutip Senin, 9 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: