Kemenkes Bagikan 8 Cara Penanganan Kulit yang Terkena Sunburn, Patut Dicoba!

Kemenkes Bagikan 8 Cara Penanganan Kulit yang Terkena Sunburn, Patut Dicoba!

Sunburn dikenal sebagai peradangan pada kulit akibat kulit sering terpapar sinar matahari.-Kementerian Kesehatan RI-yankes.kemkes.go.id

HARIAN DISWAY - Kulit yang terpapar sinar matahari secara berlebihan bisa  mengalami peradangan pada sel-sel nya. Kondisi ini lazim disebut sunburn.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, penyebab orang terkena sunburn umumnya dikarenakan kulit terlalu sering terpapar radiasi dari dua jenis sinar UV yang berlebihan, yakni sinar UVA dan sinar UVB.

Sumbernya sinar UV yang terkandung dalam paparan sinar matahari.

Selain itu, orang yang biasanya beraktivitas di luar ruangan, mengkonsumsi antibiotik, bahkan orang yang punya warna kulit yang terang berpotensi terkena sunburn lebih cepat.

Sinar UV inilah yang menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit ketika sinar UV masuk ke dalam kulit. Proses inilah yang menimbulkan kulit mengalami kemerahan bahkan mengelupas.

BACA JUGA: Lima Bahaya Sinar UV dan Cara Menghalaunya

Selain itu, seorang yang mengalami sunburn dapat mengalami gejala lain. Orang tersebut bisa mengalami sakit kepala, demam, sakit mata, dan muntah.

Kemenkes pun membagikan 8 cara penanganan agar Anda yang sedang mengalami sunburn bisa menangani di rumah. Cara-cara ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah tanpa perlu perawatan ke dokter.

Pertama, Anda bisa mengompres kulit Anda yang terbakar dengan handuk yang direndam air es.

Cara ini digunakan untuk meredakan peradangan pada kulit yang terbakar.

Kedua, Anda diwajibkan menghindari kulit Anda bersentuhan langsung dengan es atau ice pack. Agar tidak memperburuk luka sunburn.

BACA JUGA: Sunscreen Saja Tidak Cukup, Lakukan Ini Supaya Kulitmu Terhindar Dari Bahaya Sinar UV

Ketiga, Anda bisa mandi atau berendam di dalam bak mandi yang berisi air dingin. Usahakan kulit yang terbakar terkena langsung air dingin agar mendinginkan suhu kulit.

Keempat, Anda dapat mengoleskan kulit yang terbakar dengan pelembab. Carilah pelembab yang mengandung lidah buaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: http://yankes.kemkes.go.id/