Sunscreen Saja Tidak Cukup, Lakukan Ini Supaya Kulitmu Terhindar Dari Bahaya Sinar UV

Sunscreen Saja Tidak Cukup, Lakukan Ini Supaya Kulitmu Terhindar Dari Bahaya Sinar UV

SUNSCREN saja tidak cukup, lakukan ini supaya kulitmu terhindar dari bahaya sinar UV.-Sevenb Collection-Pexels

HARIAN DISWAY - Sejak awal musim kemarau, cuaca di Indonesia sangat panas. Tidak hanya terasa gerah, cahaya matahari teriknya bukan main.

Pagi hingga menjelang sore hari, indeks sinar ultraviolet (UV) di Surabaya bisa mencapai level ekstrem. Sinar UV yang tinggi tentunya tidak baik bagi kesehatan. Termasuk buat kesehatan kulit. Sinar UV bahkan bisa menimbulkan kanker kulit, lho!

Karena tingkat sinar UV yang tinggi, penggunaan sunscreen atau body lotion ber-SPF adalah hal yang wajib. Namun, siapa sangka, itu saja ternyata tidak cukup untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar UV.

BACA JUGA: Jangan Irit-Irit, Ini Takaran Memakai Sunscreen yang Benar Menurut Arumi Bachsin

Menurut Skin Cancer Foundation, sinar UV B dapat menyebabkan kulit terbakar. Sedangkan sinar UV A dapat menimbulkan penuaan kulit. Keduanya dapat menyebabkan kanker kulit.

Dr. Heater Kornmehl, dermatolog dan ahli bedah kanker kulit di Houston, Texas, menjelaskan bahwa sunscreen memang memberi proteksi pada kulit.

Tapi, cara kita mengaplikasikan sunscreen ke kulit bisa saja membuat kandungan SPF berkurang. Apalagi sunscreen bisa luntur jika terkena air ataupun keringat.

Jadi, selain sunscreen dan produk perawatan kulit ber-SPF, kamu perlu menggunakan produk lebih agar proteksi kulit lebih maksimal. Apa saja? Mari kita simak.

BACA JUGA: Badan Juga Perlu Tabir Surya, Ini 5 Rekomendasi Body Sunscreen yang Affordable Hingga Pricey

Proteksi luar dengan baju


SUNSCREN saja tidak cukup, lakukan ini supaya kulitmu terhindar dari bahaya sinar UV.-Uniqlo.co.id-

Semakin tertutup kamu berpakaian, semakin baik pula proteksi kulitmu dari sinar matahari. Jika memungkinkan, pakailah celana panjang dan baju lengan panjang.

''Pilihlah pakaian yang ditenun dengan sangat rapat. Sehingga tidak memancarkan cahaya jika Anda taruh di bawah cahaya,'' saran Kornmehl.

Ada beberapa jenis kain yang dapat meminimakan masuknya sinar matahari serta sinar UV ke kulit. Material tersebut adalah twill, denim, atau spandeks.

BACA JUGA: Tips Menggunakan Sunscreen Setelah Pakai Makeup

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber