Kalah Telak dari Indonesia, Pelatih Brunei Darussalam Tidak Bisa Berkata-kata

Kalah Telak dari Indonesia, Pelatih Brunei Darussalam Tidak Bisa Berkata-kata

Pelatih Brunei Darussalam Mario Rivera (dua dari kiri) saat sesi jumpa pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada Rabu, 11 Oktober 2023.-Ragil Putri Irmalia-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Indonesia memetik kemenangan kedelapan dari 12 laga atas Brunei Darussalam di segala ajang kompetisi. Kemenangan terbaru Indonesia 6-0 saat laga pertama di babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Kekalahan ini membuat Pelatih Brunei Mario Rivera tak bisa berkata-kata. "Tidak ada komentar (soal hasil pertandingan)," kata Rivera dalam jumpa pers usai pertandingan pada Kamis, 12 Oktober 2023.

Kini Indonesia menambah keunggulan head to head atas Brunei. Dari 12 pertandingan tersebut, Indonesia menang delapan kali, dua kali imbang, dan dua kali kalah.

Kemenangan terakhir Brunei 1-0 terjadi pada ajang Pesta Sukan Merdeka 1990.

Kemenangan Brunei 33 tahun silam juga menjadi terakhir kalinya mereka membobol gawang Indonesia. Setelah itu Indonesia terus unggul dalam lima pertandingan dan menjaga rekor clean sheet.

BACA JUGA:Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026, Indonesia vs Brunei 6-0: Perpanjang Rekor Clean Sheet Sejak 1987

Indonesia akan bertandang dalam leg kedua ke Stadion Sultan Hassanal Bolkiah pada 17 Oktober 2023.

Kemenangan besar di leg pertama membuat Indonesia hampir pasti lolos ke babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada babak kedua tersebut sudah ada Irak, Vietnam, dan Filipina yang berada di Grup F.

Menatap leg kedua nanti, Rivera tidak berharap banyak. Pelatih asal Spanyol itu tetap akan mencoba untuk tampil lebih baik. Sebab, mereka bertanding di hadapan pendukungnya sendiri.

BACA JUGA:Persib Sumbang Pemain Timnas Terbanyak, Bisa Tampil Lawan Persebaya?

"Selamat untuk Indonesia karena sudah memenangkan pertandingan. Untuk pertandingan kandang, kami akan mencoba memenangkan pertandingan demi para pendukung kami. Kami tahu bahwa pertandingan ini susah. Tetapi kami ingin mencoba untuk menang," lanjut Rivera.

Meski kebobolan setengah lusin gol, Rivera mengapresiasi penampilan anak asuhnya. Dari segi kualitas, mereka memang di bawah Indonesia. Tetapi Rivera berharap mereka bisa memberikan perlawanan yang lebih kompetitif di leg kedua.

"Semoga kami bisa memperbaiki aspek-aspek yang masih kurang bagus. Tentu saja kami ingin memenangkan pertandingan. Kami akan menyiapkan strategi yang lebih baik untuk menghadapi Indonesia di pertandingan kandang," imbuhnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: