TR Mabes Polri Turun, Kapolri Mutasi 6 Kapolda

TR Mabes Polri Turun, Kapolri Mutasi 6 Kapolda

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menegaskan tugas utama TNI dan Polri dalam menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 adalah menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat.--

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Telegram rahasia atau TR Mabes Polri akhirnya turun. Dalam TR itu, Kapolri mutasi 6 kapolda. Salah satunya termasuk Kapolda Jatim yang akhirnya dijabat Irjen Pol Imam Sugianto.

Dalam TR Mabes Polri itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah perwira tinggi (pati) dan perwira menengah (pamen) Polri. 

TR Mabes Polri itu bernomor ST/2360/X/KEP./2023. Ada sebanyak 55 nama personel Polri di TR Mabes Polri itu. Mereka mengalami mutasi dan rotasi jabatan. Di antaranya Kapolri memutasi 6 Kapolda.

Keenam Kapolda yang dimutasi dalam TR Mabes Polri itu adalah Kapolda Jawa Timur (Jatim), Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim), Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

Lalu ada Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB), Kapolda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan terakhir Kapolda Banten.

BACA JUGA:Irjen Pol Imam Sugianto Jabat Kapolda Jatim

Adapun keenam Kapolda yang dirotasi yakni pertama Kapolda Jawa Timur. Kapolda Jatim sebelumnya dijabat Irjen Pol Toni Hermanto.

Irjen Pol Toni Hermanto akan digantikan oleh Irjen Pol Imam Sugianto.

Irjen Pol Imam Sugianto saat ini menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim). Nah, jabatan Kapolda Kaltim dalam TR Mabes Polri itu dijabat oleh Irjen Pol Nanang Avianto.

Irjen Pol Nanang Avianto tersebut sebelumnya menjabat Kapolda Kalimantan Tengah (Kalteng).

BACA JUGA:Irjen Pol Imam Sugianto Kandidat Kapolda Jatim: Mantan Ajudan SBY, 2 Tahun Kapolda Kaltim

Pengganti Irjen Pol Nanang yakni Irjen Pol Djoko Poerwanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Irjen Pol Umar Faroq yang kini menjabat sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri dimutasi menjadi Kapolda NTB.

Jabatan Kapolda Kepulauan Bangka Belitung juga mengalami pergantian. Sebelumnya jabatan Kapolda Babel diemban oleh Irjen Pol Yan Sultra.

Dalam TR Mabes Polri itu Irjen Pol Yan Sultra akan digantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

Irjen Pol Tornagogo Sihombing sebelumnya menjabat sebagai Wakil Inspektur Pengawasan Umum Polri.

BACA JUGA:Muncul Nama Baru Calon Kapolda Jatim: Persaingan Akpol 90 dan 91

Terakhir jabatan Kapolda yang berganti di TR Mabes Polri itu adalah Kapolda Banten.

Kapolda Banten sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Rudy Heriyanto. Dalam TR Mabes Polri itu, Irjen Pol Rudy Heriyanto akan digantikan oleh Brigjen Pol Abdul Karim.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan membenarkan perihal turunnya TR Mabes Polri itu.

Disebutkan TR Mabes Polri itu terkait dengan mutasi dan rotasi jabatan. Menurutnya, mutasi dan rotasi di tubuh Polri merupakan hal yang biasa.

"Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja, tour of duty dan area," kata Ramadhan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: