Muncul Nama Baru Calon Kapolda Jatim: Persaingan Akpol 90 dan 91

Muncul Nama Baru Calon Kapolda Jatim: Persaingan Akpol 90 dan 91

Irjen Pol Imam Sugianto, Irjen Pol Dedi Prasetyo, Irjen Pol M Iqbal., dan Irjen Pol Syahar Diantono-Istimewa-

HARIAN DISWAY- Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto seharusnya sudah memasuki masa pensiun sejak Kamis, 5 Oktober 2023 lalu. Tapi hingga kemarin, perwira tinggi dengan dua bintang di tongkat komandonya ini masih bertugas. 

“Masih yang lama mas. Belum ada TR pengganti,” kata seorang anggota Polda kepada Harian Disway.

Mabes Polri sendiri hingga kemarin belum menunjuk siapa yang akan menggantikan posisi Toni yang lahir 5 Oktober 1968 ini. Tapi bursa siapa yang akan menggantikan Toni sangat santer di kalangan anggota. 

Terlebih menjelang tahun politik, penentuan siapa yang jadi kapolda akan menjadi pertimbangan penting.  Ini karena Jawa Timur dianggap barometer keamanan di Indonesia.

BACA JUGA:Kapolda Jatim Toni Harmanto Sudah Pensiun di Wikipedia

BACA JUGA:Jumat Curhat, Kapolda Jatim Sambangi Aspol Ketintang Surabaya

Sebelumnya, sempat muncul tiga nama yang cukup kuat untuk menggantikan posisi Toni. Ketiganya adalah Irjen. Pol. Dedi Prasetyo, Irjen Pol Imam Sugianto, dan Irjen Pol M Iqbal. Ketiganya adalah orang yang lama bertugas di Surabaya.

Kemarin muncul nama baru yang juga kuat disebut—sebut sebagai calon Kapolda Jatim. Dia adalah Irjen. Pol. Drs. Syahar Diantono, M.Si, yang kini menjabat sebagai Kadiv Propam Mabes Polri. Syahar juga bukan orang baru di Jawa Timur. Pengganti Ferdy Sambo ini juga pernah menjabat sebagai Kasatreskrim Polrestabes Surabaya. Sama seperti Dedi.

Calon Semeru 1, sebutan untuk Kapolda Jatim ini dari dua angkatan Akademi Kepolisian (Akpol). Angkatan 1990 dan angkatan 1991. Dedi Prasetyo dan Imam Sugianto adalah alumni Akpol 90 yang biasa juga disebut batalyon Dhira Brata. Sedang Syahar dan Iqbal dari batalyon Dhira Brata, sebutan untuk alumni Akpol 1991.

Dedi Prasetyo lahir pada 26 Juli 1968 di Madiun, Jawa Timur. Dia mulai terjun ke dunia kepolisian setelah menyelesaikan pendidikannya di Akademi Kepolisian pada tahun 1990. Untuk penugasan pertamanya, Dedi menjabat sebagai Kaurbinops Serse Polres Lamongan di tahun 1991. 

BACA JUGA:Jelang Pemilu, Sambung Roso Kapolda Jatim dan Mahasiswa

BACA JUGA:Kapolda Jatim Ground Breaking Kantor Polri di Kawasan Industri dan Pelabuhan JIIPE

Hingga akhirnya dia diangkat menjadi Kapolsek Deket, di Kecamatan Lamongan Jawa Timur. Seiring berjalannya waktu, perjalanan karier Dedi di kepolisian mulai menanjak. 

Mulai menjadi Kapolsek Serpong di tahun 1997, Kaur Tihorkam Ditdalpers SSDM Polri di 2002, hingga jadi Sespri Wakapolri pada 2004. Sampai pada tahun 2005, Dedi kembali ke Jawa Timur untuk menjadi Kabag Bin Polwil Madura Polda Jatim. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: