YIA Express dan Reguler Apa Bedanya?? Ini Penjelasannya..

YIA Express dan Reguler Apa Bedanya?? Ini Penjelasannya..

KA Bandara YIA yang tengah melaju. --

HARIAN DISWAY - Ada dua layanan untuk Kereta bandara Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Yakni YIA Express dan reguler. Lantas apa beda dari kedua layanan itu? Dalam artikel ini, kita akan mengulas kedua layanan itu. 

Kereta bandara YIA menjadi salah satu moda transportasi penghubung stasiun Stasiun Yogyakarta menuju Bandara YIA di Kulon Progo.

Waktu tempuh menggunakan kereta bandara YIA sekitar 39 menit. Durasi itu jauh lebih singkat dibandingkan moda transportasi jalan raya, sekitar 90 menit hingga 1,5 jam. Moda transportasi ini mulai beroperasi September 2021 lalu. 

Berikut ulasan perbedaan kereta bandara YIA Express dan reguler. 

1. Harga tiket 

Perbedaan kereta bandara YIA Express dan reguler yang pertama adalah dari sisi tarif. Harga tiket kereta bandara YIA Express lebih mahal dibandingkan kereta bandara YIA reguler.

Harga tiket kereta bandara YIA Express dari Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Bandara YIA, dan sebaliknya adalah Rp 50 ribu per orang.

Sementara, harga tiket kereta bandara YIA reguler untuk jarak serupa yakni Rp 20.000 per orang. Harga tiket tersebut adalah tarif terbaru kereta bandara YIA mulai 1 Juni 2023.

2. Kapasitas 

BACA JUGA: Soal Dosen UIN Raden Intan Lampung-Mahasiswi Ngamar

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi kapasitas. Kapasitas kereta bandara YIA Express adalah 100 persen, sehingga semua penumpang mendapatkan tempat duduk.

Sedangkan, kapasitas kereta bandara YIA reguler adalah 120 persen. Jadi, selain duduk di kursi, penumpang kereta bandara YIA reguler boleh berdiri.

3. Pilih kursi

Penumpang kereta bandara YIA Express dapat memilih dan mengganti tempat duduk. Sebaliknya, penumpang kereta bandara YIA reguler tidak bisa memilih dan mengganti kursi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: