Puncak Hari Santri Akan Diawali dengan 1 Miliar Sholawat Nariyah

Puncak Hari Santri Akan Diawali dengan 1 Miliar Sholawat Nariyah

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ishfah Abidal Aziz alias Gus Alex memberikan pengarahan soal pembacaan 1 miliar sholawat pada malam hari sebelum peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 -PBNU-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Puncak perayaan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 akan dilaksanakan di Surabaya pada 22 Oktober 2023 mendatang. 

Apel hari santri tersebut akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dihadiri oleh Wapres Ma’ruf Amin, sejumlah menteri kabinet dan pejabat tinggi negara. 

Pada malam sebelum apel, akan digelar pembacaan 1 miliar Sholawat Nariyah. Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ishfah Abidal Aziz menjelaskan, pembacaan 1 miliar Sholawat Nariyah merupakan rangkaian dari HSN 2023

BACA JUGA:Sejuta Santri Akan Ikuti Apel Hari Santri Nasional di Surabaya Tanggal 22 Oktober, Dipimpin Presiden Langsung

Ia mengatakan, masing-masing struktur kepengurusan NU dari pusat hingga ranting mendapatkan 15 paket pembacaan shalawat, di mana satu paket terdiri dari 4.444 bacaan. 

Sedangkan untuk teknis pembagiannya diserahkan kepada masing-masing struktur kepengurusan.

“Umpama PWNU Jawa Tengah 15 paket, kami serahkan sepenuhnya menjadi kewenangan PWNU. Misalnya, di PCNU tertentu, dalam satu majelis dibebankan satu paket, 4.444 Sholawat Nariyah setidaknya 45 orang,” kata Ishfah yang akrab disapa Gus Alex.  

BACA JUGA:23 Paket Sabu Dalam Kemasan Permen di Jombang

Pembacaan Satu Shalawat Nariyah membutuhkan waktu 30 detik. Untuk menyelesaikan 4.444 sholawat dalam satu jam, dibutuhkan 45 orang.  

Pembacaan Sholawat Nariyah, kata Gus Alex, dilaksanakan pada Sabtu, 21 Oktober 2023 malam, diawali dengan shalat Isya berjamaah, pembacaan tawasul dan wirid, lalu dilanjutkan pembacaan Sholawat Nariyah.

“Jadi selepas solat Isya, bukan sore, tetapi selepas melaksanakan salat Isya berjamaah,” kata Gus Alex.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: