Simak! 3 Cara Tenangkan Bayi Saat Menangis

Simak! 3 Cara Tenangkan Bayi Saat Menangis

Ilustrasi seorang ibu yang kesulitan menenangkan bayinya yang tiba-tiba menangis di malam hari. -Kementerian Kesehatan RI-ayosehat.kemkes.go.id

HARIAN DISWAY- Bayi menangis di malam hari adalah hal lumrah. Namun, orang tua perlu mengetahui penyeba dan cara penanganannya.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, sebenarnya waktu istirahat yang dibutuhkan bayi adalah 16,5 jam sehari. Rincinya, 8 jam di malam hari dan sisanya bayi sering tertidur di sela-sela waktu siang hari.

Terkadang bayi menangis di waktu malam hari. Saking rewelnya, bayi yang menangis itu sulit ditenangkan. Hal inilah yang menjadi orang tua bingung. Apalagi orang tua yang baru punya anak.

Bukan tanpa sebab, bayi menangis dikarenakan 4 faktor. Kemenkes memberikan penjelasan secara rinci terkait penyebab bayi tahu-tahu menangis di malam hari. 

BACA JUGA: Kenali Rotavirus, Pemicu Diare Berat yang Bisa Picu Kematian Bayi. Kemenkes Bagikan Vaksin Gratis

1. Bayi merasa lapar

Penyebab pertama bayi seringkali merengek malam-malam adalah bayi merasa lapar. Ciri-ciri bayi yang merasa lapar adalah dari gestur tubuhnya yang menjilat-jilat mulut dan mengepalkan tangan.

2. Bayi merasa kelelahan

Penyebab kedua bayi seringkali merengek malam-malam adalah bayi merasa kelelahan. Hal ini bisa terjadi ketika bayi diajak jalan-jalan seharian di luar rumah atau di saat tamu berkunjung ke rumah seharian. 

3. Bayi merasa tidak nyaman karena suhu kamar terlalu dingin atau terlalu panas

Penyebab ketiga bayi seringkali merengek malam-malam adalah bayi tidak merasa nyaman dengan suhu kamarnya.

Suhu kamarnya bisa terlalu dingin baginya, atau justru terlalu panas. Hal itu terjadi karena tubuh bayi lebih sensitif terhadap suhu ketimbang orang dewasa.

4. Bayi mengalami gangguan kesehatan

Penyebab terakhir bayi seringkali merengek malam-malam adalah bayi sedang merasa tidak enak badan alias terkena penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: ayosehat.kemkes.go.id