Kukuhkan Pengurus Periode 2023-2028, Ini 3 Pesan Jokowi untuk Pagar Nusa

Kukuhkan Pengurus Periode 2023-2028, Ini 3 Pesan Jokowi untuk Pagar Nusa

Presiden Jokowi berfoto bersama pendekar Pagar Nusa di lapangan Bumimoro, Kodiklatan AAL Surabaya, Minggu 22 Oktober 2023-Setpres-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo menghadiri Pengukuhan Pimpinan Pusat (PP) Pagar Nusa masa khidmat 2023-2028. Momen tersebut juga bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nusantara 2023.

Pengukuhan digelar di Lapangan Sepak Bola Jala Krida Mandala Akademi Angkatan Laut (AAL), Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI Angkatan Laut, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, pada Minggu, 22 Oktober 2023. 

Selain pengukuhan pengurus, Pagar Nusa juga melaksanakan Kegiatan Ijazah Kubro kepada para pendekar santri yang hadir. Ijazah Kubro dihadiri tidak kurang oleh 25 ribu pendekar silat. 


Para Pendekar Pagar Nusa unjuk kebolehan di lapangan Bumimoro, Surabaya dalam ijazah kubro Minggu, 22 Oktober 2023-Mochammad Ma'ruf Zaky/Harian Disway-

BACA JUGA:Masih Bersarung, Presiden Jokowi Resmikan 3 Rumah Sakit di Surabaya Sekaligus

Presiden menitipkan beberapa amanat pada jajaran pimpinan Pagar Nusa. Yang pertama agar para pendekar santri tersebut terus mengembangkan program-program yang dapat membentengi dan menjaga Nusantara dari berbagai ancaman yang dapat merusak karakter serta jati diri bangsa Indonesia.

“Saya mengajak terus mengasah, meningkatkan rasa cinta dan bangga terhadap bangsa kita dengan menjaga kedaulatan bangsa, melestarikan, dan mengembangkan kekayaan budaya Nusantara,” ujar Presiden.

Yang kedua, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut  juga mengajak para jajaran Pagar Nusa untuk saling menjaga dan mendamaikan serta menjaga persatuan antar masyarakat di tanah air. Menurut Presiden, hal tersebut penting dalam rangka menghadapi perubahan dunia yang begitu cepat.


Presiden Jokowi bersama Ketua Umum PBNU, Gubernur Jatim, Menag dan Pimpinan Pagar Nusa dalam ijazah kubro di Lapangan Bumimoro, Surabaya, 22 Oktober 2023-Syahirol Layeli/Harian Disway-

BACA JUGA: Jadi Pembina Apel Hari Santri 2023, Jokowi Kisahkan Sejarah Lahirnya Hari Santri

“Kita semua adalah satu saudara, kita semua ini sedulur, semua adalah saudara sebangsa dan setanah air, sehingga persatuan yang kuat harus terus kita jaga agar kita semakin kuat dan tangguh menghadapi rintangan dan tantangan-tantangan dunia yang saat ini sangat cepat,” ungkap presiden.

Amanat ketiga, presiden meminta agar jajaran Pagar Nusa bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat turut serta menjaga dan memastikan pemilihan umum serentak pada 2024 mendatang agar dapat berjalan dengan lancar dan baik. 

Presiden menyebut pemilu merupakan ajang kontestasi gagasan, ide, dan solusi sebagai modal untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan, bukan saling memfitnah.

“Jadi tolong nanti kalau ada saling fitnah di bawah, saling menjelekkan di bawah, itu tugasnya Pagar Nusa untuk mendamaikan, tugasnya Pagar Nusa untuk menyejukkan,” ucap presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: