Eastern Indonesia For The World, The Story of Eastern Indonesian Food Commodities, Buku tentang Ekspor Indonesia Timur

Eastern Indonesia For The World, The Story of Eastern Indonesian Food Commodities, Buku tentang Ekspor Indonesia Timur

Eastern Indonesia For The World, The Story of Eastern Indonesian Food Commodities, Buku tentang Ekspor Indonesia Timur. Para pengunjung melihat pdf buku Eastern Indonesia.-Sampoerna-

TANGERANG, HARIAN DISWAY - Eastern Indonesia For The World, The Story of Eastern Indonesian Food Commodities.

Itulah buku setebal 140 halaman yang diluncurkan PT HM Sampoerna melalui Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) bekerja sama dengan yayasan Business & Export Development Organization (BEDO) serta Kemendag. 

Peluncuran buku tersebut berlangsung dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2023, di BSD pada 18-22 Oktober 2023. Eastern Indonesia For The World dibagi menjadi dua bagian besar.

Pertama, berisi tentang sejarah ekspor komoditas Indonesia Timur sejak abad 15, periode kolonialisme, hingga pasca kemerdekaan.

BACA JUGA: Luncurkan Buku Poso di Balik Operasi Madago Raya, Mayjen TNI Farid Makruf Paparkan Sinergitas dan Soliditas Tanpa Batas TNI dan Polri

Kedua, berisi gambaran potensi dan aktivitas ekspor komoditas pada setiap provinsi. Pun dilengkapi dengan kontak dan alamat para pelaku UMKM ekspor. Bagian kedua tersebut mendapat porsi paling besar dalam buku tersebut.

Secara keseluruhan terdapat 13 provinsi di Indonesia Timur yang diulas dalam Eastern Indonesia for The World. Mulai dari Bali hingga Papua Barat. Ke depan, data pelaku UMKM yang telah melakukan ekspor akan terus diperbarui. Sehingga calon pembeli mendapatkan lebih banyak pilihan dari sisi pelaku dan komoditas. 

BACA JUGA:Pangdam V Brawijaya Mayjen Farid Makruf Luncurkan Buku Poso di Balik Operasi Madago Raya

"Buku ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ekspor dari Indonesia Timur. Diharapkan pula dapat menjadi referensi bagi pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat umum dalam meningkatkan ekspor dari Indonesia Timur," ujar Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi.

Buku itu merupakan bentuk kontribusi Sampoerna untuk mendorong produk komoditas dan UMKM asal Indonesia Timur. Seperti cengkih, vanila, moringa, dan jahe untuk bisa ekspor atau go global. Pun sebagai rujukan pembeli (buyer) luar negeri yang mencari produk komoditas asal kawasan itu.

Kepala Urusan Eksternal PT HM Sampoerna Tbk. Ishak Danuningrat, mengatakan, "Kami berkomitmen untuk mengembangkan UMKM melalui payung program Sampoerna Untuk Indonesia. Supaya menciptakan nilai tambah jangka panjang bagi pemangku kepentingan. Baik internal maupun eksternal. Termasuk UMKM."


Telah rilis, Eastern Indonesia For The World, The Story of Eastern Indonesian Food Commodities, buku tentang ekspor Indonesia Timur. Buku Eastern Indonesia for The World, banyak membahas ekspor Indonesia Timur.-HMSampoerna-

Buku Eastern Indonesia For The World menjadi salah satu cara untuk memperkenalkan kembali potensi komoditas dari setiap provinsi di Indonesia Timur lengkap dengan para pelaku UMKM.

"Melalui kolaborasi multipihak, UMKM akan semakin terbantu. Mereka dapat semakin maju dan ambil bagian dalam rantai pasok global," ujar Ishak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: