Eastern Indonesia For The World, The Story of Eastern Indonesian Food Commodities, Buku tentang Ekspor Indonesia Timur

Eastern Indonesia For The World, The Story of Eastern Indonesian Food Commodities, Buku tentang Ekspor Indonesia Timur

Eastern Indonesia For The World, The Story of Eastern Indonesian Food Commodities, Buku tentang Ekspor Indonesia Timur. Para pengunjung melihat pdf buku Eastern Indonesia.-Sampoerna-

SETC merupakan program pelatihan dan pendampingan kewirausahaan terintegrasi yang hadir sejak 2007. Tujuannya, mengembangkan UMKM Indonesia agar dapat lebih berdaya saing dan mandiri. 

Dengan fasilitas pelatihan seluas 27 hektar di Pasuruan, Jawa Timur, SETC aktif memberikan pelatihan terpadu kewirausahaan mulai dari soft skill hingga hard skill. Guna meningkatkan kapasitas dan membantu UMKM. Khususnya UMKM yang akan mengekspor produknya.

Sejauh ini, SETC telah memberikan pelatihan kewirausahaan kepada lebih 67 ribu peserta dari seluruh Indonesia. Selain pelatihan, SETC juga memfasilitasi riset terapan, pendampingan dan jejaring pasar, konsultasi usaha, serta jejaring UMKM.

BACA JUGA: 17 Tahun Universitas Ciputra Surabaya, Luncurkan Buku Pamerkan Kesuksesan Alumni

Ketua Yayasan BEDO Jeff Kristianto, mengatakan, "Buku Eastern Indonesia For The World lahir dari kepedulian SETC dan BEDO untuk memberdayakan UMKM yang mampu ekspor dari wilayah Indonesia Timur," ungkapnya.

SETC dan BEDO bertujuan untuk mendorong anak muda menjadi eksportir-eksportir dan wirausahawan baru, sekaligus mendukung program pemerintah untuk peningkatan ekspor. 

“Pemerintah sudah menggalakkan Spice Up To The World. Komoditas dari Indonesia Timur sebenarnya sangat banyak dan terkenal, cuma tidak banyak eksportir dari sana,” ujarnya.

Jeff menuturkan, buku itu diharap jadi living document dan akan dikirimkan kepada atase perdagangan dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), juga kedutaan negara sahabat di tanah air. Sehingga dapat memberikan informasi sekaligus membuka peluang akses pasar ke luar negeri.

BACA JUGA: Tertarik dengan 20 Jenis Burung, Ellena Gabrielle Terbitkan Buku tentang Habitat Burung di Singapura

Dalam proses penyusunan buku, SETC dan BEDO bekerja sama dengan Kemendag, menjadikan UMKM sebagai Duta Ekspor Indonesia Timur untuk mengumpulkan data-data relevan terkait komoditas ekspor. 

Pada ajang TEI 2023, SETC dan BEDO membawa 4 Duta Ekspor Indonesia Timur untuk bisa berinteraksi langsung dengan calon buyer. 

“Kendati banyak tantangan seperti kendala transportasi untuk ekspor, belum banyak industri pengolahan di Indonesia Timur. Tetapi potensinya sangat besar. Khususnya untuk komoditas,” pungkas Jeff. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: