Tertarik dengan 20 Jenis Burung, Ellena Gabrielle Terbitkan Buku tentang Habitat Burung di Singapura

Tertarik dengan 20 Jenis Burung, Ellena Gabrielle Terbitkan Buku tentang Habitat Burung di Singapura

BukuGet to Know Them: Introduction to Singapore’s Common Bird Folk. Ditulis oleh Ellena Gabrielle, pelajar Indonesia alumnus SMP Santa Ursula Jakarta.-IGAK-

HARIAN DISWAY – Judulnya Get to Know Them: Introduction to Singapore’s Common Bird Folk. Ditulis oleh Ellena Gabrielle, pelajar Indonesia alumnus SMP Santa Ursula Jakarta.
 
Buku itu mengenai habitat dan jenis burung di Singapura. Ditulis dari hasil pengamatan yang kemudian dia catat dan dia rangkai dalam narasi bercerita. Narasinya menggunakan gaya bahasa yang dekat dengan kalangan remaja seusianya. 
 
Tapi, narasi saja tidak cukup buat Ellena. Ia lalu melukis setiap burung yang dia temukan secara detail dengan menggunakan medium kertas dan cat air. Jadi, tidak hanya dipetakan dan dituliskan, ada ilustrasi 20 burung yang terdata dalam buku itu.
 
Proses menulis buku itu bermula dari kecintaannya pada burung mencapai puncak saat pandemi. Saat itu Ellena memulai masa SMA-nya di SJI International School bertepatan dengan pandemi Covid-19 melanda seluruh dunia. 
 
Aktivitasnya terbatas, sehingga ia banyak menghabiskan waktu menelusuri taman-taman kota. Gadis yang punya hobi menggambar dan melukis itu sangat menikmati aktivitas melihat serta mengamati burung-burung di Singapura. 
 
Kebetulan Ellena juga berkewajiban melakukan proyek akademis sebagai bagian dari kurikulum sekolahnya saat itu. Sehingga, dia memilih hobinya itu sebagai bentuk proyek akademisnya.

BACA JUGA: Apresiasi Bukunya, Dubes Suryo Pratomo Berharap Ellena Gabrielle Serius Dalami Keilmuan Burung
 
Hampir setiap hari selama 3-4 jam dia habiskan untuk berkelana ke belasan sudut kota dan taman di Singapura, demi dapat  mengamati dan mengambil gambar burung, merekam suaranya, dan kemudian mencocokkannya dengan database burung internasional. 
 
“Saya memang menyukai kehidupan para burung sebagai ruh alami kehidupan kita. Ada kepuasan tersendiri saat saya berhasil mengetahui bahwa ada spesies burung yang sulit ditemukan orang awam, bisa saya temukan,” ungkapnya. (Heti) 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: