PCU Universitas Satu-satunya di Jatim yang memiliki Lateral Hydraulic Jack

PCU Universitas Satu-satunya di Jatim yang memiliki Lateral Hydraulic Jack

PCU universitas satu-satunya di Jatim yang memiliki Lateral Hydraulic Jack. Jaka sedang menambah beban gempa pada spesimen, menggunakan alat Lateral Hydraulic Jack.-petra christian university-

“Tak hanya punya Lateral Hydraulic Jack pada umumnya yang digunakan untuk uji beban gravitasi. Lab Struktur PCU juga memiliki Hydraulic Jack yang dipasang dengan arah lateral atau horizontal," ungkapnya.


PCU universitas satu-satunya di Jatim yang memiliki Lateral Hydraulic Jack. Jaka, memantau hasil pemberian beban gempa.-petra christian university- 

"Sehingga selain untuk menguji beban dari atas (gravitasi), alat tersebut juga bisa melakukan uji dari arah samping untuk melihat ketahanannya terhadap beban gempa,” kata Angeline Gunawan, S.T, Asisten Lab Struktur PCU.

Lebih rinci, Angeline mengungkap bahwa Lab Struktur PCU dilengkapi pula dengan strong wall dan strong floor.

BACA JUGA: Manfaatkan Limbah Kopi, Mahasiswa PCU Ciptakan Gelas Bernilai Jual

Keduanya berfungsi sebagai media untuk menahan, agar kondisi dari alat Hydraulic Jack tetap stabil ketika memberikan tekanan atau beban kepada spesimen saat pengujian. Sehingga kekuatannya pun berkali-kali lipat dari perencanaan spesimen yang diuji.

Laboratorium Struktur PCU merupakan satu-satunya lab di Perguruan Tinggi Jawa Timur yang memiliki alat Lateral Hydraulic Jack. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: