Sederhana tapi Nikmat, Ini 3 Menu Hemat untuk Anak Kos yang Mudah Dibuat

Sederhana tapi Nikmat, Ini 3 Menu Hemat untuk Anak Kos yang Mudah Dibuat

Oseng kacang panjang. Menu sederhana tapi nikmat yang termasuk tiga menu hemat untuk anak kos yang mudah dibuat kapan saja. -iStock-

HARIAN DISWAY - Anak kos identik dengan hidup mandiri jadi apa-apa serba sendiri. Kalau di rumah semua sudah tersedia seperti baju, makanan, bahkan untuk pengeluaran sehari-hari pun tidak sebanyak ketika Anda jadi Anak kos.

Anak kos juga harus pintar dalam mengatur pengeluaran sehari-hari. Kalau tidak, bisa-bisa jatah uang bulanan habis duluan padahal belum waktunya dikasih uang jajan lagi sama orang tua atau belum waktunya buat gajian.

Hal yang paling membingungkan di tiap harinya bagi anak kos adalah selalu muncul pertanyaan “aku hari ini mau makan apa ya?”. Kalau di rumah kan ada ibu yang masak, bangun tidur langsung ke dapur sudah ada makanan. Jadi tinggal disantap deh.

Nah kalau di kos bagaimana? Mau masak saja kadang masih ngerasa malas ya kan. Atau pasti mikirnya "ribet banget masak tinggal beli saja gampang".

Tiap hari beli, apalagi pas cuaca lagi panas tambah malas keluar berujung pesan online, hal ini bikin Anda sebagai anak kos jadi boros banget pengeluarannya.

Nah, untuk menghemat pengeluaran buat makan, ada tiga menu yang gampang banget dimasak dengan budget yang sangat murah.

Bahkan dengan menu menu yang sederhana tapi rasanya sudah sangat nikmat ini bisa bikin Anda kenyang 2 sampai 3 kali makan lo. Jadi yuk simak cara masak dan bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat menu-menu hemat anak kos ini.

Oseng Tempe Kacang Panjang

Dengan bahan dasar tempe, Anda udah bisa makan enak seharian. Apalagi dicampur dengan kacang panjang karena jangan lupa makan sayur juga biar pencernaan lancar.
Bahan-bahan yang dibutuhkan cuma tempe, kacang panjang, sedikit minyak goreng, bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan garam. -iStock-

Bahan-bahan yang dibutuhkan cuma tempe, kacang panjang, sedikit minyak goreng, bumbu dapur seperti bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan garam. 

BACA JUGA: Tahu Walik ala Rumahan yang Cocok untuk Dinikmati saat Bersantai, Berikut Resepnya!

Langkah pertama, iris bawang putih dan bawang merah, lalu tumis hingga harum. Setelah itu, tambahkan tempe yang sudah diiris kecil-kecil dan kacang panjang yang juga sudah dipotong-potong.

Aduk rata dan masak hingga tempe dan kacang panjang matang. Tambahkan ketumbar dan garam secukupnya sesuai selera.

Untuk variasi rasa yang lebih kaya, bisa tambahkan saus sambal atau kecap manis. Sajikan tempe dan kacang panjang yang lezat ini dengan nasi hangat atau bisa juga dijadikan lauk untuk makan dengan lontong atau ketupat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: