Kendaraan Listrik Jadi Tren di SMK Jatim

Kendaraan Listrik Jadi Tren di SMK Jatim

Mobil listrik SYS-8 Mobelis dirancang dengan rangka pipa 3 mili karya SMK YPM 8 Sidoarjo dilepas oleh Gubernur Jatim Khofifah Indah Parawansa.-Humas Pemprov Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Puluhan mobil listrik terpajang di halaman SMKN 6 Surabaya, Kamis, 26 Oktober 2023. Modelnya unik dan lucu-lucu. Sebagian besar hanya berbentuk kerangka tanpa body utuh.

Salah satunya, mobil listrik SYS-8 Mobelis karya SMK YPM 8 Sidoarjo. Model mobil oranye itu mirip Jeep. Tetapi, hanya kerangka. Menggunakan pipa berukuran 3 milimeter.

Sudah diluncurkan sejak Juni 2022 silam. Awalnya, untuk kebutuhan pelatihan internal sekolah. Tetapi malah kebanjiran pesanan dari SMK lain maupun kampus di Jawa Timur.

Kepala SMK YPM Sidoarjo Kisyanto menjelaskan, proses perakitan mobil listrik ini melibatkan para siswa kelas 12 dari empat jurusan. Yakni teknik mesin, otomotif dan elektronik, industri kelistrikan, dan jurusan multimedia.

BACA JUGA : Parade 260 Kendaraan Konversi Listrik Karya Siswa SMK Jatim, Ada Jaguar-EV dari Magetan

Kini, sudah belasan unit yang terjual. Dibanderol mulai Rp 55 juta-Rp 60 juta. Bergantung tingkat kesulitan pembuatan dan kelengkapan pendukung dalam mobil listrik.

"Ini produk teaching factory yang menyesuaikan dengan kebutuhan pasar," katanya. Rencananya, SYS-8 Mobelis itu dikembangkan sebagai mobil golf, pantai, atau untuk mobilitas di dalam area tertentu. Misalnya, sekolah, kampus, dan pondok pesantren.


Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjajal gerobak motor bertenaga hybrid listrik dan surya panel karya pelajar SMK PGRI 2 Jombang saat parade konvoi kendaraan listrik di SMKN 6 Surabaya-Humas Pemprov Jatim-

Ada lagi yang lebih sederhana. Smeknisy Car karya pelajar SMKN 1 Sidayu, Gresik. Ukurannya lebih mini. Juga dibentuk dengan kerangka besi. 

Mesinnya tertutup papan. Dan diberi atap khusus untuk pengemudi dan penumpang. Rodanya kecil seukuran roda motor matik. Tidak transparan seperti SYS-8 Mobelis.

BACA JUGA : Ini Mobil Listrik Primadona Honda dan Nissan di GIIAS Surabaya 2023

“Kami gunakan teknologi hybrid atau campuran sumber energi dari panel surya dan listrik," ujar Husnul Haris, guru Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMKN 1 Sidayu Gresik. Tegangannya sekitar 48 volt dengan kecepatan maksimal 45 km/jam.

Menurut Haris, kendaraan listrik memang tidak bisa disamakan dengan kendaraan umum. Kecepatan maksimalnya tidak bisa menyentuh 100 km/jam. Pembuatan kendaraan listrik itu melibatkan tujuh siswa dengan menghabiskan dana total sebesar Rp 31,5 juta.


Mobil listrik konversi Petrik karya pelajar SMK Pembangunan Kandangan, Kediri, yang ikut parade konvoi kendaraan listrik konversi di SMKN 6 Surabaya, Kamis, 26 Oktober 2023-Humas Pemprov Jatim-

Mobil listrik lain yang tampil juga tak kalah epic. Ada limousine karya SMK PGRI 1 Sidoarjo, mobil listrik ’’Nyawangan’’ karya SMK Negeri 1 Doko Blitar, mobil listrik ’’Momong Putu’’ karya SMK PGRI Mojosari, serta ’’Mberu Electric Power Vehicle’’ karya SMK Muhammadiyah 1 Nganjuk.

Ya, perhelatan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Nasional XXXI kali ini menjadi ajang pamer bagi para siswa SMK se-Jatim. Mereka menunjukkan kemampuan adaptasi terhadap perubahan zaman. Kendaraan listrik pun mulai menjamur dan menjadi tren baru di kalangan pelajar SMK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: