Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto Mulai Ngantor, Disambut Tari Beskalan

Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto Mulai Ngantor, Disambut Tari Beskalan

Irjen pol Toni Harmando dan Irjen Pol Imam Sugianto di Mapolda Jatim usai upacara penyambutan.-Humas Polda Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Tongkat komando bintang 2 sebagai Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur resmi berganti. Dari Irjen Pol Toni Harmanto yang memasuki masa pensiun kepada ke Irjen Pol Imam Sugianto

Kedatangan Irjen Pol Imam Sugianto beserta istri di Markas Polda Jatim disambut oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol Akhmad Yusep Gunawan dan Pejabat Utama Polda Jatim serta pasukan dari TNI-Polri. Penyambutan dimulai dari upacara Pedang Pora hingga kesenian tari tradisional, Senin, 30 Oktober 2023.

Kemeriahan penyambutan Kapolda Jatim ini sangat terasa. Pasalnya selain disambut oleh seluruh personel Polda Jatim, ASN, dan TNI-Polri juga diwarnai dengan nyanyian penyambutan, pedang pora, dan tarian tradisional Jawa Timur. 

BACA JUGA:Jelang Lengser, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto Resmikan Semeru Walk dan Kolam Semeru

BACA JUGA:Irjen Pol Imam Sugianto Jabat Kapolda Jatim, Kompolnas dan IPW: Penunjukan yang Tepat

Selain kesenian Reog Ponorogo dan tarian Garuda, tari Beskalan Putri Malang yang merupakan salah satu aset kebudayaan seni tari khas kota Malang juga turut memeriahkan penyambutan. tari Beskalan Putri ini secara khusus disiapkan dalam penyambutan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto yang juga putra asli daerah dari Malang. 


Penari cucuk lampah mengenakan busana garuda mengiringi Irjen Pol Imam Sugianto, Kapolda Jatim memasuki mako, Senin,30 Oktober 2023.-Humas Polda Jatim-

Seperti disampaikan Ragil Alfan, Ketua Sanggar Tari Gong Prada, yang juga turut membantu menyusun rangkaian Penyambutan ini. Ia mengatakan tarian ini sengaja disajikan untuk Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto. 

"Tari Beskalan dari Malang. Cuma kita memang tidak menggunakan kostum asli dari Malang, karena memang permintaannya dari Bapak Kapoldanya seperti itu. Mintanya memang dikreasikan dan dibikin semenarik mungkin untuk acara ini," jelasnya. 


Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto bersama istri berjalan di karpet merah masuk areal Mapolda Jatim, Senin, 30 Oktober 2023.-Humas Polda Jatim-

Ragil menambah, tarian Beskalan ini memang tarian untuk penyambutan tamu. Sedangkan tarian cucuk lampah yang dibawakan penari dengan kostum Garuda, ini merupakan filosofi dari Pancasila. 

"Kalau kesenian Reog Ponorogo sendiri tujuannya untuk menunjukkan keragaman kesenian yang ada di Jawa Timur," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: