Efektif! 6 Makanan Sehat Ini Bikin Warga Jepang Berumur Panjang

Efektif! 6 Makanan Sehat Ini Bikin Warga Jepang Berumur Panjang

EFEKTIF! 6 makanan sehat ini bikin warga Jepang berumur panjang.-Pexels-

HARIAN DISWAY - Masyarakat Jepang, selain dikenal disiplin, juga banyak yang berumur panjang. Rahasia umur panjang itu dimulai dari makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

Dilansir dari CNBC, masyarakat Jepang memiliki angka harapan hidup tertinggi di dunia. Kira-kira mencapai kisaran 83,89 tahun. Hal itu karena mereka menjalankan pola hidup sehat (misalnya banyak jalan kaki), dan terbiasa menyantap makanan sehat.

Menurut ahli gizi asal Tokyo Asako Miyashita, ada enam makanan sehat khas Jepang yang dapat membantu memperpanjang umur.

BACA JUGA: 3 Aktivitas Sederhana di Rumah yang Bikin Umur Panjang

Asako Miyashita sendiri sejak kecil diajarkan untuk mengganggap makanan sebagai obat. Nenek Asako, yang sudah berumur 92 tahun, yakin bahwa umurnya panjang karena mengonsumsi makanan yang tepat.

Nah, berikut 6 makanan sehat yang dimakan hampir setiap hari oleh masyarakat Jepang sehingga umur mereka panjang.

1. Sup Miso


EFEKTIF! 6 makanan sehat ini bikin warga Jepang berumur panjang.-One Cookbook-

Miso merupakan pasta yang bahan dasarnya dari kedelai dan biji-biji yang difermentasi. Karena itu, miso mengandung probiotik, bakteri hidup, ataupun ragi yang dapat membantu menyeimbangkan kesehatan usus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA: Ini 4 Kunci Rahasia Umur Panjang: Temukan Kebahagiaan dalam Hidup

Sebuah penelitian di Jepang menyebutkan bahwa makanan kedelai fermentasi efektif memperpanjang usia. Pria maupun perempuan yang mengonsumsi kedelai fermentasi, seperti miso, tempe, dan tahu, mempunyai kemungkinan 10% lebih rendah untuk meninggal dibandingkan mereka yang jarang makan makanan difermentasi.

2. Ubi Jepang


EFEKTIF! 6 makanan sehat ini bikin warga Jepang berumur panjang.-Japanese Taste-

Ubi jalar ungu, atau yang di Jepang disebut imo, sering diolah menjadi makanan penutup maupun makanan ringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cnbc