Mengenal Ayurveda, Pengobatan Tradisional dari India

Mengenal Ayurveda, Pengobatan Tradisional dari India

Mengenal Ayurveda, pengobatan tradisional dari India. Ilustrasi pengobatan Ayurveda dari India.-holidify.com-holidify.com

HARIAN DISWAY - Mungkin tak banyak yang tahu tentang pengobatan Ayurveda. Pengobatan tersebut dimulai sekitar 6 ribu tahun sebelum Masehi. 

Bermula dari tradisi lisan ke Weda, kemudian menjadi teks suci tentang Ayurveda, yang dikenal sebagai 'Charaka'. Samhita', 'Sushruta Samhita' dan 'Bhela Samhita'.

Teks-teks tersebut mempengaruhi dan menawarkan pengetahuan yang melibatkan keseimbangan, alam dan kedamaian, yang pada gilirannya memunculkan Ayurveda di India. Yakni sebagai sarana pengobatan pikiran dan tubuh, yang dilestarikan sejak zaman kuno dan warisan kearifan para bijak masa silam.

BACA JUGA: Jasa Pengobatan Tradisional yang sering Disepelekan

Mari kita mengenal jenis pengobatan ala India tersebut.

1. Apa Ayurveda?

Istilah Ayurveda berarti "pengetahuan kehidupan", dan dianggap sebagai salah satu pendekatan paling holistik untuk merawat tubuh manusia. 


Mengenal Ayurveda, pengobatan tradisional dari India. Beragam herbal untuk pengobatan Ayurveda.-holidify.com-holidify.com

Ayurveda di India dibagi menjadi 8 komponen dasar pengobatan. Yaitu Kayachikitsa (pengobatan umum tubuh), Kaumara Bhrtya (untuk anak-anak, pediatri), Salyatantra (teknik bedah).

Shalakyatantra (pengobatan penyakit yang mempunyai efek pada telinga, hidung, tenggorokan, dan lain-lain), Bhutavidya (meredakan roh yang merasuki tubuh manusia atau menghilangkan energi negatif).

Agadatantra (toksikologi), Rasayantantra (peremajaan untuk umur panjang), dan Vajikaranatantra (untuk meningkatkan kenikmatan seksual).

Ayurveda memiliki filosofi bahwa alam semesta, jiwa serta tubuh fisik manusia berjalan beriringan. Jika terjadi penyakit, itu lebih banyak disebabkan oleh pikiran yang mengalami ketidakseimbangan dengan alam semesta. 

Maka, Ayurveda menyebutkan tujuh jaringan dalam tubuh. Yaitu rasa (plasma), rakta (darah), mamsa (otot), meda (lemak), asthi (tulang), majja (sumsum), dan shukra (air mani).

Menurut teks, pengobatan Ayurveda mengikuti tradisi kuno dengan mengklasifikasikan tubuh ke dalam unsur-unsur yang terdapat di alam semesta. Seperti ruang, udara, api, air, dan tanah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.holidify.com/pages/ayurveda-in-india-2189.html