Jangan Sembarang Pilih Sufor! Kenali Tipe-tipe Susu Formula yang Cocok untuk Bayi

Jangan Sembarang Pilih Sufor! Kenali Tipe-tipe Susu Formula yang Cocok untuk Bayi

Memilih susu formula penting untuk kesehatan si kecil-iStock-

HARIAN DISWAY – ASI merupakan makanan penting bagi bayi karena mengandung berbagai nutrisi di dalamnya. Namun, sayangnya ada beberapa ibu yang memiliki kondisi tertentu sehingga tidak bisa memberikan ASI eksklusif untuk bayinya.

Sehingga, susu formula menjadi alternatif untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Namun, pemilihan susu formula tidak boleh sembarangan karena dapat mengakibatkan reaksi alergi apabila bayi tidak cocok pada susu formula tertentu. 

Agar bisa menjadi pertimbangan bunda di rumah, berikut rangkuman informasi terkait tipe-tipe susu formula yang dapat menjadi referensi untuk si kecil.

BACA JUGA: Waspada! Inilah Ciri-Ciri Bayi Tidak Cocok Susu Formula

Susu formula berdasarkan bahan pembuatannya

1. Berbahan Dasar Kedelai

Susu formula berbahan dasar sari kedelai biasa dosebut susu formula soya. Susu formula dengan bahan kedelai bisa menjadi alternatif bagi bayi yang mengalami alergi laktosa atau susu sapi.

Namun, perlu berhati-hati karena bayi yang mengalami alergi terhdap susu sapi biasanya juga memiliki alergi terhadap produk kedelai.

2. Berbahan Dasar Protein

Sebagian besar susu formula dibuat dari susu sapi yang telah diubah formulanya menjadi menyerpai ASI. Susu formula dengan berbahan dasar protein memiliki kandungan nutri yang bisa menjadi alternative pengganti susu sapi.

3. Berbahan Dasar Protein Hidrolisis

Susu formula jenis ini biasanya digunakan untuk bayi yang memiliki masalah pencernaan. Biasanya bayi yang mengkonsumsi susu jenis ini intolerir terhadap susu sapi ataupun susu yang berbahan dasar kedelai.

Sus formula jenis ini mengandung protein yang tekah dimodifikasi agar tidak memicu terjadinyaalergi pada anak.

BACA JUGA: Gentle Parenting, Pola Asuh yang Melibatkan Perasaan Anak, Apa Manfaatnya Ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber