KPU Tetapkan 668 DCT Anggota DPD di Pemilu 2024

KPU Tetapkan 668 DCT Anggota DPD di Pemilu 2024

Komisioner KPU usai penetapan DCT DPR dan DPD di Kantor KPU, Jakarta, Jumat, 3 November 2023-YouTube KPU RI-

JAKARTA, HARIAN DISWAYDaftar calon tetap (DCT) bakal calon legislatif DPR RI sudah ditetapkan sebanyak 9.917 orang di Pemilu 2024. Selain itu, KPU juga telah menetapkan 668 caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang masuk DCT

Rinciannya, didominasi 80,5 persen laki-laki sebanyak 535 orang. Dan perempuan sebanyak 133 orang.  Jumlah itu hasil dari verifikasi sebanyak 1.030 orang dari 38 provinsi. 

BACA JUGA:KPU Resmi Tetapkan Jumlah DCT, 9.917 Orang Siap Berebut Kursi DPR

BACA JUGA:Langkah Prabowo-Gibran Makin Mulus: DPR RI Setujui Perubahan PKPU dan Perbawaslu Sesuai Putusan MK

Awalnya, dari 1.030 orang tersebut, yang mengikuti penyerahan dukungan sebanyak 865 orang. Kemudian hanya 701 orang yang memenuhi syarat dukungan. Pada akhirnya, terdapat 683 yang memenuhi syarat dukungan. Kemudian resmi mendaftarkan diri pada masa pendaftaran calon anggota DPD mulai 1 hingga 14 Mei 2023.

“Setelah tahap verifikasi dan perbaikan verifikasi, KPU mengumumkan 675 orang memenuhi syarat untuk menjadi bakal calon anggota DPD,” ujar Hasyim. Namun, satu orang mengundurkan diri. Yang bersangkutan maju menjadi calon anggota DPR.

BACA JUGA:Terima Dubes Palestina di Gedung DPR, Cak Imin Minta Pemeritntah Tak Tinggal Diam Soal Konflik Hamas-Israel

BACA JUGA:Mahfud MD Ungkap Alasan Tak Pernah Kampanye dan Pasang Baliho

Setelah pengumuman DCS, ada empat bakal calon anggota DPD yang mengundurkan diri. Sehingga total 670 bakal calon anggota DPD. Disusul dua orang lagi yang dinyatakan tidak memenuhi syarat. 

Rinciannya, satu orang tidak memenuhi syarat karena tanggapan dari masyarakat. Satu orang lagi karena belum melewati masa jeda 5 tahun untuk maju setelah selesai menjalani proses pidana.  

"Itu berdasarkan data yang kami peroleh dari lembaga penegakan hukum," katanya. Lebih lanjut, Hasyim menyatakan KPU akan mengumumkan nama 668 DCT anggota DPD peserta Pemilu 2024 ini lewat website resmi dan media massa mulai besok, Sabtu, 4 November 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: