Terima Dubes Palestina di Gedung DPR, Cak Imin Minta Pemeritntah Tak Tinggal Diam Soal Konflik Hamas-Israel

Terima Dubes Palestina di Gedung DPR, Cak Imin Minta Pemeritntah Tak Tinggal Diam Soal Konflik Hamas-Israel

Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar bertukar cinderamata usai menerima Dubes Palestina di Gedung Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 23 Oktober 2023. -Dok. Parlemen-

HARIAN DISWAY - Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, (H.E) Zuhair Al-Shun pada Senin, 23 Oktober 2023. 

Pertemuan ini dilakukan di tengah kecamuk perang antara Hamas dan Israel yang masih berkecamuk di Jalur Gaza.  Muhaimin menerima kunjungan Zuhair dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua DPR RI. Dubes Zuhair diterima di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, politisi yang akrab disapa Gus Imin atau Cak Imin ini memastikan jika Indonesia sebagai negara berpenduduk Islam terbanyak di dunia selalu berada di belakang Palestina.

BACA JUGA:Tanpa Selebrasi Juara, Islam Makhachev Kibarkan Bendera Palestina di UFC 294 Abu Dhabi

Ia juga meminta pemerintah Indonesia untuk terus berupaya membantu kebebasan Palestina. Karena Kemerdekaan Palestina adalah jalan utama untuk melepas penderitaan itu.

"Selama Palestina belum merdeka, saudara-saudara kita akan terus dihantui penderitaan. Palestina berhak atas kedaulatan mereka," kata Cak Imin. 


Anak-anak Palestina yang terluka di Jalur Gaza dirawat di sebuah rumah sakit di Rafah pada Senin, 23 Oktober 2023. -Boston Globe-

Menurut Ketua Umum DPP PKB tersebut, Indonesia tentunya tidak boleh berdiam diri, tidak boleh lepas tangan. Ia bernjanji akan minta pemerintah, Kementerian Luar Negeri, untuk melakukan upaya-upaya diplomasi membantu kemerdekaan.

"Israel juga harus membuka perbatasan untuk bantuan kemanusiaan. Perdamaian harus ditegakkan di antara Palestina dan Israel. Jangan ada peperangan di antara kedua negara," imbuhnya. 

BACA JUGA:Akses Perbatasan Rafah Akhirnya Dibuka, Sebagian Kecil Bantuan Kemanusiaan Mengalir ke Palestina

Cak Imin menegaskan, perang merupakan tindakan yang harus segera dihentikan, apalagi melibatkan masyarakat sipil. "Kami mengutuk perang antara Hamas-Israel, kedua belah pihak harus menghentikan peperangan," tambah Cak Imin.

Sementara itu, Dubes Zuhair menjelaskan bahwa serangan sampai saat ini masih terus dilakukan oleh Israel. Situasinya, menurut dia, sangat sulit hingga membuat masyarakat di kedua sisi baik Palestina ataupun Israel menderita, terutama di Gaza.


Wakil Ketua DPR RI Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Abdul Muhaimin Iskandar menerima kunjungan Duta Besar (Dubes) Palestina untuk Indonesia, (H.E) Zuhair Al-Shun di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 23 Oktober 2023. -Dok. Parlemen-

Lebih dari 263 ribu orang kehilangan rumah mereka sendiri, sehingga kebanyakan warga lebih memilih meninggalkan tanah air mereka untuk mencari tempat aman. Zuhair pun menaruh harapan besar akan peran Indonesia dalam mengupayakan kemerdekaan bagi Palestina. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: