Ini Respons Puan Maharani Soal Desakan PDIP Memecat Gibran Rakabuming Raka

Ini Respons Puan Maharani Soal Desakan PDIP Memecat Gibran Rakabuming Raka

Ketua DPP PDIP Puan Maharani merespons desakan tentang pemecatan kepada kader PDIP Gibran Rakabuming Raka yang telah menjadi bacawapres Prabowo Subianto. -@puanmaharaniri-

HARIAN DISWAY – Gibran Rakabuming Raka yang sebelumnya merupakan kader dari PDI Perjuangan telah mendaftar sebagai calon wakil presiden Prabowo. Lalu bagaimana status Gibran di PDIP?

Ketua DPP PDIP Puan Maharani meresponsnya. Dia menyatakan bahwa status Gibran saat ini adalah calon wakil presiden Prabowo.

"Kan sudah jadi cawapres Mas Prabowo, itu aja," kata Puan usai meresmikan Kantor Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Jatim di Surabaya, Sabtu, 4 November 2023.

BACA JUGA: Ikut Aksi Bela Palestina, Puan Maharani Kecam Agresi Militer Israel dan Mendukung Kemerdekaan Palestina

Puan menegaskan bahwa Gibran sampai saat ini masih belum mengembalikan KTA PDIP. Di samping itu, PDIP sampai saat ini masih belum melakukan pemecatan kepada Gibran. "Ya coba, belum ada pengembalian KTA. Tapi sudah menjadi cawapresnya Mas Prabowo, gitu aja," tegasnya.

Ketika Puan ditanya mengenai alasan Gibran tidak dipecat karena maju sebagai bacawapres dengan Prabowo, dia hanya menjawab santai. "Emang harus?," tanya balik Puan.

Ia kembali menegaskan ulang kepada media bahwa selama ini PDIP bersikap tegas kepada kader yang membelot dari keputusan partai kemudian dipecat dan begini pernyataan Puan.

"Kita tegas dan pasti mempunyai aturan. Kita ya pasti melihat situasi dan kondisi. Jadi apa yang dilakukan atau apa yang akan dilaksanakan setelah mempertimbangkan sebaik-baiknya, gitu aja," jawabnya.

BACA JUGA: Sekjend PDIP: Ada Alasan PDIP Beda Sikap ke Gibran dan Budiman Sudjatmiko

Soal perlakuan khusus ke Gibran, Puan membantahnya dengan tegas. Menurutnya, PDIP memperlakukan Gibran dengan biasa-biasa saja. "Biasa saja, enggak ada perlakuan khusus kok, biasa-biasa saja," jelasnya.

Selain itu, PDIP sampai saat ini belum memberikan sanksi apa pun kepada kadernya takni Wali Kota Solo Gibran meskipun sudah resmi maju sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto.

Kemudian, menurut Puan bahwa pemecatan Gibran bukan keharusan. Hal itu telah Puan sampaikan saat ditanya terkait sikap PDIP yang hingga kini belum menjatuhkan sanksi apa pun kepada Gibran. "Memang harus sampai seperti itu?" kata Puan. 

Puan bahkan enggan menjelaskan secara pasti bagaimana status keanggotaan Gibran di PDIP. Ia hanya mengatakan dengan tegas bahwa Gibran sudah resmi menjadi cawapres Prabowo. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: