Kritik Fenomena Konsumerisme, Teater Gapus Garap Manufaktur Anatomi Kera

Kritik Fenomena Konsumerisme, Teater Gapus Garap Manufaktur Anatomi Kera

pentaskan Manufaktur Anatomi Kera di Universitas Islam Malang. Adegan "Manufaktur Anatomi Kera" yang dipentaskan Teater Gapus di Universitas Islam Malang.-Teater Gapus-

MALANG, HARIAN DISWAY - Teater Gapus FIB Unair Surabaya menghelat pentas di Universitas Islam MALANG, pada Sabtu, 4 November 2023.

Pementasan itu dalam rangka memenuhi undangan Dies Natalis Teater Bangkit Universitas Islam Malang, yang bertajuk: Pekan Karya XI: Parade Teater Kampus. 

Teater Gapus menjadi penyaji pada hari kedua dengan membawakan fragmen naskah Manufaktur Anatomi Kera karya Gulang Satriya Pangarso.

BACA JUGA: Teater Gapus Ramaikan Malam Sastra Festival Seni Balai Pemuda dengan Puisi F Aziz Manna dan Indra Tjahjadi

Selain Teater Gapus, ada pula pementasan dari Teater Kaged IAI Al-Khairat Pamekasan, Sabda Teater UIN Sunan Ampel Surabaya, dan Teater Institut Universitas Negeri Surabaya. 

Teater Bangkit tak hanya menggelar parade teater tingkat kampus, tapi juga tingkat SMA se-Jawa Bali yang telah berlangsung sebelumnya.


Kritik fenomena konsumerisme, Teater Gapus pentaskan Manufaktur Anatomi Kera di Universitas Islam Malang. Aksi Aulia Destya sebagai Koki dalam pementasan -Teater Gapus-

Annisa Fitri Rahmaniar (Ica), sutradara pementasan Teater Gapus, menyebut bahwa naskah Manufaktur Anatomi Kera terpilih untuk dipentaskan, karena visi naskah tersebut dinilai relevan dengan kondisi zaman. 

"Pada masa kini, uang memiliki posisi yang sangat sentral. Naskah itu mengkritik pengaruh uang, mesin, dan kebijakan pemerintah yang berorientasi bisnis, juga kekacauan logika serta spiritualitas masyarakat yang mendegradasi kemanusiaan," ungkapnya. 

BACA JUGA:Kelas Penulisan Prosa dan Puisi Teater Gapus Hadirkan Penyair dan Prosais Top

"Padahal, narasi-narasi kemanusiaan belakangan ini dibicarakan secara masif," tambahnya.

Pada pementasan itu, Teater Gapus tidak membawakan fragmen naskah Manufaktur Anatomi Kera secara utuh. Melainkan hanya fragmen satu saja. 

Yakni fragmen yang menampilkan dialog antara tokoh Jagal yang diperankan oleh Ahmat Rofiq, Koki yang diperankan Aulia Destya, dan Pelanggan yang diperankan Velina Chandra. Tokoh Pelanggan menjadi pengantar cerita naskah. 


Kritik fenomena konsumerisme, Teater Gapus pentaskan Manufaktur Anatomi Kera di Universitas Islam Malang. Adegan dalam pementasan -Teater Gapus-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: