Prospek Baru Persahabatan Indonesia dan Tiongkok

Prospek Baru Persahabatan Indonesia dan Tiongkok

Pelajar merasakan kereta cepat Jakarta-Bandung yang merupakan bagian dari kerja sama Indonesia dan Tiongkok-CRRC-

HUBUNGAN Indonesia dan Tiongkok lebih dari sekadar hubungan bilateral. Indonesia dan Tiongkok merupakan sahabat baik dan bukan sekadar mitra.

Di bawah kepemimpinan tegas kedua presiden, kemajuan penting dan stabil telah dicapai dalam hubungan Tiongkok-Indonesia.

Saat ini, Tiongkok sedang memajukan peremajaan nasional melalui jalur Tiongkok menuju modernisasi.

Tiongkok memiliki prospek pembangunan yang cerah, yang akan memberikan lebih banyak momentum baru ke dalam pemulihan ekonomi global dan pembangunan berkelanjutan.

Tiongkok akan mematuhi kebijakan dasar nasional yaitu membuka diri terhadap dunia luar, mendorong kerja sama yang terbuka dengan cakupan yang lebih luas, tingkat yang lebih tinggi, dan level yang lebih mendalam serta bersama-sama mendorong pembangunan komunitas senasib sepenanggungan umat manusia.

Tahun 2023 menandai peringatan sepuluh tahun The Belt and Road Initiative dan peringatan sepuluh tahun Kemitraan Strategis Komprehensif Tiongkok-Indonesia.Hubungan bilateral Tiongkok-Indonesia menghadapi peluang yang signifikan untuk pembangunan.

Inisiatif ini telah memperkaya konsep komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia dan menjadi komoditas publik global yang penting.

Tiongkok dan Indonesia Kedua negara memiliki prospek yang luas di pertukaran antarmasyarakat dan kebudayaan.

Berharap kegiatan Festival dan kegiatan yang serupa dengannya dapat diadakan lebih banyak pada masa mendatang untuk memperkenalkan budaya dari berbagai suku bangsa di Tiongkok kepada masyarakat Indonesia. Hal ini untuk meningkatkan saling pengertian antar masyarakat Tiongkok dan Indonesia, dan meningkatkan hubungan persahabatan antara kedua negara ke tingkat yang baru.

Yakin hubungan Tiongkok-Indonesia, seperti kereta api berkecepatan tinggi yang beroperasi di Jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung, yang akan melaju stabil dan jauh serta akan membawa lebih banyak manfaat bagi kedua negara dan masyarakatnya.

Ini tidak hanya menjadi simbol Persahabatan Indonesia dan Tiongkok, tetapi juga merupakan tonggak sejarah dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok. Diharapkan, momentum ini akan menjadi landasan yang kuat untuk lebih meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan bagi kedua negara di masa depan. (*)

*) Pemerhati Hubungan Indonesia-Tiongkok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: