Yakin Program Makan Siang Gratis Bisa Terlaksana, Prabowo Subianto Butuh Rp 400 T

Yakin Program Makan Siang Gratis Bisa Terlaksana, Prabowo Subianto Butuh Rp 400 T

Prabowo Subianto menyakini bahwa program makan siang dapat terlaksana. --

HARIAN DISWAY – Prabowo Subianto yakin bahwa program makan siang gratis dapat terlaksana untuk anak sekolah dan ibu hamil. Lalu, bagaimana untuk sumber anggaran?

Prabowo menyatakan bahwa alokasi anggaran untuk stunting, pendidikan, dan perlindungan sosial dalam APBN sangatlah besar. Ia bahkan mencontohkan anggaran pendidikan yang mencapai Rp 660 triliun.

“Kalau makan siang untuk anak sekolah, saya tanya ‘ini masuk pendidikan atau tidak?’” ujar Prabowo dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta Selatan, Rabu 8 November 2023. “Jadi sebenarnya kalau alokasi program makan siang sebesar Rp 400 triliun sebenarnya sudah ada,” tambahnya.

Selanjutnya Prabowo mencontohkan lagi terkait anggaran perlindungan sosial mencapai Rp 500 triliun. Apabila sebagian sudah digunakan untuk makan siang anak-anak Indonesia, maka hal ini akan meringankan beban orang-orang paling bawah menurutnya.

BACA JUGA: Prabowo Serahkan Beasiswa untuk 22 Mahasiswa Palestina Kuliah di Unhan

“Jadi saya sangat optimistis bahwa makan siang ini mampu untuk dilaksanakan. Kalau untuk urusan anggaran Rp 400-500 triliun sebetulnya sekarang masih belum jelas. Tetapi saya yakin lebih baik bereskan dulu di akar masalahnya,” tegasnya.

Anggaran sebesar Rp 400 triliun atau USD 30 miliar untuk makan siang anak-anak sekolah dan ibu hamil ini tidak dikirim ke luar negeri. Tetapi, hal ini akan beredar hingga semua desa dan adanya multiplier effect (efek berganda).

“Kalau satu dolar saja beredar di suatu negara itu bisa 2-3 kali, ini uang beredar beli telur, ikan lele, ikan asin, petani-petani kita hidup semua, emak-emak masak dimana-mana,” lanjutnya.

Di samping itu, Prabowo menjelaskan lebih detail terkait program makan siang gratis ini menyasar siswa dari berbagai tingkat pendidikan maupun jenis sekolah. Selain itu, anggaran untuk program makan siang ini sebesar Rp 400 triliun.

“Demi anak-anak kita yang masih pendidikan usia dini sekolah dasar termasuk Madrasah pesantren sekolah menengah ke atas maupun Madrasah Tsanawiyah Sekolah Menengah Atas serta sekolah menengah kejuruan Madrasah Aliyah di pesantren,” jelasnya.

BACA JUGA: Prabowo Subianto: Para Elit Jangan Mau Menang Sendiri!

Sekali lagi, Prabowo menegaskan bahwa Program Makan Siang Gratis ini dapat terealisasi untuk seluruh siswa di Indonesia. Tim dari Prabowo sudah melakukan kalkulasinya. “Semua sudah kita hitung dan kemampuan kita cukup,” ucapnya.

Prabowo menambahkan bahwa dengan kalkulasi tersebut, nantinya pengelolaan program akan dilakukan baik dan semakin membaik. “Pengelolaan akan semakin lama semakin baik. Sekiranya itu inti yang ingin saya sampaikan,” tambahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: