Kepala BMKG Ungkap Kelemahan Sistem Deteksi Dini Tsunami di Indonesia

Kepala BMKG Ungkap Kelemahan Sistem Deteksi Dini Tsunami di Indonesia

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam wolrd tsunami awareness day seminar berbicara tentang kelemahan sistem peringatan dini tsunami Indonesia dan banyak negara di dunia-BMKG-

Meski demikian, Dwikorita menekankan bahwa kesiapsiagaan masyarakat adalah yang terpenting, terlepas dari kemajuan teknologi sistem peringatan dini. 

Menurutnya, masyarakat yang bertempat tinggal di wilayah pesisir rawan tsunami sangat membutuhkan pendidikan dan kesadaran untuk merespons secara efektif. 

BACA JUGA:Mengapa Jepang Mewaspadai Tsunami Setelah Erupsi Semeru?

“Mereka memiliki keterbatasan dalam mengakses peringatan dini,” jelas mantan Rektor Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini. 

Maka dari itu, lanjut Dwikorita, untuk mendorong tindakan dan kesiapsiagaan dini, informasi yang komprehensif dan mudah dimengerti, ditambah dengan program pendidikan sangatlah penting. 

Keunikan dan kompleksitas tsunami, tambahnya, membutuhkan teknologi peringatan dini yang inovatif yang digabungkan dengan kearifan lokal. 

“Pengetahuan tentang kearifan lokal dapat secara efektif mengakomodasi kemampuan untuk mengakses peringatan dini bagi masyarakat terpencil. Jadi, kolaborasi antara teknologi dan kearifan lokal dapat memperkuat sistem peringatan dini gempa bumi dan tsunami,” ujarnya.(*) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: