Rusun ASN-TNI-POLRI di IKN Selesai Akhir 2024

Rusun ASN-TNI-POLRI di IKN Selesai Akhir 2024

Konstruksi tower 5 kawasan hunian untuk ASN, TNI dan Polri di IKN -Kementerian PUPR-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Pembangunan Rumah Susun (Rusun) untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan personil pertahanan keamanan (hankam) di Ibukota Negara (IKN) Nusantara ditarget selesai Desember 2024. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan tengah mendorong percepatan pelaksanaan pembangunan Rumah Susun (Rusun) bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Hankam yang akan bertugas di IKN Nusantara. 

Nantinya, para ASN-Hankam akan tinggal di unit Rusun seluas 98 meter persegi. 

Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto mengatakan, Pemerintah Indonesia ingin para ASN dan Hankam yang nantinya akan bertugas di IKN Nusantara dapat tinggal di hunian yang layak. 


Maket 1:1 ruang tidur di dalam rusun untuk ASN, TNI, Polri, BIN dan Paspampres-Kementerian PUPR-

BACA JUGA:Penampakan Fasad Garuda Istana Kepresidenan IKN, Dijadwal Rampung Maret 2024

Ia menyebut, pembangunan rusun berdasarkan desain bangunan hijau dengan unit hunian yang nyaman karena dilengkapi dengan meubelair di dalamnya. “Jadi ASN tinggal masuk membawa pakaian dan peralatan seperlunya," ujar Iwan dalam pernyataan resmi Kamis, November.  

Dalam pameran tersebut, para pengunjung dapat menyaksikan secara langsung mock-up atau rancangan visual Rusun ASN dengan skala perbandingan 1:1 (dalam ukuran asli). 

Setiap unit hunian terdiri dari living room, kitchen, service area, 3 kamar tidur, dan 2 kamar mandi. 

"Konsep pembangunan IKN mengadopsi konsep kota terpadu. Karena mayoritas ASN yang pindah ke sana merupakan ASN generasi milenial, kami mendesain unit hunian tersebut dengan desain minimalis," terangnya.

BACA JUGA:Infrastruktur IKN Sudah 52 Persen, Jokowi Sebut Ada Investasi 45 Triliun yang Sudah Masuk

Sebanyak 47 Tower Rusun ASN-Hankam berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan IKN sub-WP 1A dengan total lahan seluas 45,91 hektar. Masing-masing Tower dibangun setinggi 12 lantai. 

Pembagiannya, lantai 1 dan 2 dimanfaatkan untuk podium fasos/fasum (fitness, public space, dsb), sedangkan 10 lantai sisanya untuk hunian. 


Desain kawasan rumah susun ASN, TNI dan Polri di KIPP IKN-Kementerian PUPR-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: