Penampakan Fasad Garuda Istana Kepresidenan IKN, Dijadwal Rampung Maret 2024

Penampakan Fasad Garuda Istana Kepresidenan IKN, Dijadwal Rampung Maret 2024

Penampakan bilah-bilah yang akan membentuk fasad burung garuda di Istana Kepresidenan IKN Nusantara Kalimantan Timur-Kementerian PUPR-

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Tampilan fasad (bagian muka) Istana Kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibukota Negara (IKN) sudah mulai terlihat. 

Saat ini, tengah dipasang modul berbentuk bilah-bilah yang akan membentuk sayap burung garuda. Terdapat total 4 ribuan modul burung garuda yang dipasang membentuk bilah-bilah tersebut. 


Proses pemasangan bilah yang membentuk fasad burung garuda di istana kepresidenan IKN -Kementerian PUPR-

Desain burung garuda yang menjadi fasad dari bangunan Istana Kepresidenan adalah karya seniman sekaligus arsitek asal bali Nyoman Nuarta

BACA JUGA:Infrastruktur IKN Sudah 52 Persen, Jokowi Sebut Ada Investasi 45 Triliun yang Sudah Masuk

Selain Istana Kepresidenan, seniman 71 tahun tersebut juga mendesain jembatan di ruas Jalan Tol IKN. 

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti berharap, pembangunan Kantor Presiden di IKN dapat selesai pada Agustus 2024. 


Proyeksi tampilan fasad burung garuda di Istana Kepresidenan IKN Nusantara. fasad garuda disusun oleh lebih dari 4 ribuan bilah-Kemenparekraf-

Hingga minggu ke-52 sejak dimulainya pembangunan pada November 2022, progresnya telah mencapai 52 persen atau lebih cepat dari rencana sebesar 47 persen.

"Pemasangan bilah-bilah garuda terus dilakukan, mudah-mudahan dapat selesai pada Maret 2024," kata Diana pada Kamis, 2 November 2023. 

BACA JUGA:Grounbreaking RS Kedua di IKN, Mayapada Hospital Nusantara Disiapkan Jadi Green Hospital

Pembangunan kompleks Kantor Presiden dan bangunan pendukungnya berada dibawah tanggung jawab Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Timur dengan kontraktor pelaksana PT PP dan Wika dengan kerjasama operasional (KSO) 

Sementara pembangunannya menelan anggaran sebesar 1,56 triliun yang diambilkan dari APBN. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengungkapkan, dalam pembangunan gedung Kantor Presiden, desainnya dikerjakan oleh anak bangsa yang interiornya semaksimal mungkin menggunakan Produk Dalam Negeri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: