Grounbreaking RS Kedua di IKN, Mayapada Hospital Nusantara Disiapkan Jadi Green Hospital

Grounbreaking RS Kedua di IKN, Mayapada Hospital Nusantara Disiapkan Jadi Green Hospital

Potret Presiden Joko Widodo, Menkes Budi G Sadikin, beserta jajarannya meletakkan batu pertama atau groundbreaking di Mayapada Hospital Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur pada 31 Oktober 2023. -sehatnegeriku.kemkes.go.id-

HARIAN DISWAY- Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin memasang batu pertama atau groundbreaking di Mayapada Hospital Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur pada 31 Oktober 2023.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, Mayapada Hospital Nusantara menjadi groundbreaking rumah sakit kedua yang dibangun di kawasan tersebut. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah melakukan groundbreaking pada rumah sakit pertama yaitu Rumah Sakit Abdi Waluyo pada bulan September lalu.

“Alhamdulillah kita akan melakukan groundbreaking rumah sakit. Ini adalah rumah sakit kedua yang akan dibangun di Ibu Kota Nusantara yaitu Mayapada Hospital Nusantara,” ujar presiden di Kabupaten Penajam Paser Utara.

BACA JUGA: Masih Bersarung, Presiden Jokowi Resmikan 3 Rumah Sakit di Surabaya Sekaligus

Dalam sambutannya, presiden menjelaskan konsep Mayapada Hospital Nusantara akan dibentuk seperti green hospital agar dapat mendukung percepatan pembangunan IKN. 

Hal tersebut selaras dengan konsep pembangunan IKN sebagai ibu kota negara pertama yang mengusung konsep forest cityMayapada Hospital Nusantara juga akan mengusung konsep efisiensi dan konservasi energi.

"Urusan yang berkaitan dengan hijau, hijau dan hijau akan selalu kita dengungkan untuk Ibu Kota Negara,” lanjut presiden ke-7 Republik Indonesia itu.

Presiden menambahkan bahwa Mayapada Hospital Nusantara nantinya akan beroperasi sebagai rumah sakit yang ramah lingkungan dengan konsep green building

Sekitar 20 persen dari total luasan lahan akan dimanfaatkan sebagai area hijau dilengkapi dengan healing garden, dengan sistem kelola taman untuk membantu percepatan kesembuhan pasien.

BACA JUGA: Dukung Rumah Sakit di Atas Kapal, Kemenkes Janji Memperbanyak Alat Kesehatan demi Kesehatan Warga Daerah Terpencil

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengharapkan Mayapada Hospital Nusantara bisa menjadi contoh bagi rumah sakit lain yang menerapkan kondisi ramah lingkungan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

Pasalnya Mayapada Hospital Nusantara menerapkan efisiensi pemakaian energi dan air, memaksimalkan cahaya matahari, membangun sistem daur ulang air limbah yang baik, dan menyediakan kolam resapan untuk penyerapan air hujan agar bisa dimanfaatkan kembali.

Dengan begitu, kepala negara mengajak seluruh masyarakat Indonesia tidak perlu berobat ke luar negeri. Karena sekarang sudah tersedia rumah sakit dalam negeri yang menyediakan layanan kesehatan yang memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sehatnegeriku.kemkes.go.id