Update Cuaca 11 November 2023: Hujan Petir Melanda Sebagian Wilayah di Jawa Timur

Update Cuaca 11 November 2023: Hujan Petir Melanda Sebagian Wilayah di Jawa Timur

Update Cuaca Hari ini, Hujan Petir Melanda Sebagian Wilayah di Jawa Timur--

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengupdate cuaca terbaru bagi Provinsi Jawa Timur untuk Hari Sabtu, 11 November 2023.

Pada hari ini, beberapa wilayah di Jawa Timur diprakirakan dilanda hujan petir. Diantaranya Lamongan, Jombang, Batu, Bojonegoro, dan Ngawi. 

Perinciannya, wilayah Jombang dan Batu diprediksi hujan petir sekitar pukul 1 siang nanti. Sedangkan, wilayah Lamongan, Bojonegoro, dan Ngawi akan dilanda hujan petir pada sekitar pukul 4 sore hari.

BACA JUGA: Cuaca Panas Kian Ekstrem, Ini 7 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Semua Tipe Jenis Kulit

Hujan petir di daerah tersebut pun diikuti dengan hujan ringan atau gerimis. Selain dilanda hujan petir, wilayah Batu juga ditutup kabut mulai setelah hujan. Yakni pukul 7 malam hingga esok dini hari. Suhu udara wilayah batu hari ini berkisar 170-320 C.

Beberapa daerah juga diguyur hujan ringan, yaitu Ponorogo, Magetan, dan Kediri. Untuk Ponorogo dan Magetan diprediksi turun hujan pada pukul 1 siang, dan daerah Kediri pada pukul 4 sore hari.

Kebanyakan wilayah di Jawa Timur hari ini pun ditutup mendung tebal, dan bisa saja berpotensi turun hujan. Kebanyakan wilayah dengan mendung tebal adalah wilayah yang disebutkan di atas.

BACA JUGA: Totalitas Bela Palestina, MUI Keluarkan Fatwa Boikot Produk-Produk yang Dukung Israel

Wilayah Surabaya raya seperti Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik dan Mojokerto, Tuban cerah terik sepanjang hari. Dan memasuki sore hingga petang diprakirakan hanya berawan.

Untuk daerah Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Madiun, Nganjuk, dan Blitar didominasi cuaca cerah berawan, dan pada petang didominasi mendung. Suhu udara daerah ini mencapai 320-370 C.

Bergeser ke arah Timur, daerah malang sepanjang hari cuaca berawan. Untuk wilayah Pasuruan, Probolinggo, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi didominasi cerah dan sedikit berawan pada beberapa waktu.

Sedangkan Lumajang dan Jember didominasi dengan medung tebal dan berawan. Suhu udara wilayah di atas berkisar 310-350 C. Dengan kecepatan angin 30 km/jam ke arah barat. Untuk Pulau Madura sendiri seluruhnya cerah dan berawan pada petang hari.

Cuaca daerah Jawa Timur semakin tak menentu ini, membuat BMKG Juanda mengimbau agar mewaspadai apabila ada peningkatan kecepatan angin pada siang menjelang malam hari. Sekaligus cuaca ekstrem di masa pancaroba. (Dewi Aisyah Alya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: twitter bmkg juanda