Anies Dorong Anak Muda Terjun Politik: Jangan Hanya Urun Angan, Tapi Harus Turun Tangan

Anies Dorong Anak Muda Terjun Politik: Jangan Hanya Urun Angan, Tapi Harus Turun Tangan

Anies Baswedan memberikan semangat pada anak-anak muda di Gathnas Turun Tangan VIII di Yogyakarta. Ia mendorong keterlibatan anak muda dalam politik-Tim Gathnas TT VIII Yogyakarta-

YOGYAKARTA, HARIAN DISWAY - Capres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menghadiri Gathering Nasional (Gatnas) Turun Tangan ke-VIII yang berlangsung di Grand Serela Yogyakarta, Jumat, 10 November 2023. 

Gerakan turun tangan adalah gerakan sosial politik yang digagas oleh Anies pada tahun 2014 lalu. Gerakan sosial-politik yang kini mendekati satu dekade ternyata telah tersebar di 93 kabupaten/kota dengan ribuan anggota. 

Kehadiran mantan Gubernur DKI periode 2017 hingga 2022 itu disambut antusias ratusan anak-anak muda anggota Turun Tangan yang mewakili daerah masing-masing.

BACA JUGA:Refleksi Hari Pahlawan 10 November 2023: Pahlawan Penjaga Asa

Pembawa acara kemudian mempersilahkan Anies untuk membekali para relawan Turun Tangan dengan semangat dan energi kepedulian untuk mereka bawa pulang ke daerah masing-masing. 

"Semangat kerelawanan ada sejak dari dulu. Di bangsa ini, perasaan untuk merasakan masalah ada sejak lama. Kita cenderung untuk mengambil bagian jika kita melihat masalah di depan kita. Walaupun pelan-pelan, semua masalah sudah ada yang ngurusin, yakni pemerintah," ujar Anies membuka perbincangan.

Menurut Anies, keterlibatan dalam urusan politik mutlak harus dilakukan setiap orang khususnya anak muda. Sebab, banyak kebaikan yang bisa diraih dengan turut andil dalam politik. 

BACA JUGA:Hadiri Rakernas LDII, Anies Titip Kembangkan Manusia dengan Kompetensi Abad 21

"Kalau ada masalah jangan hanya urun angan, tapi juga harus turun tangan. Jangan hanya ngasih ide,” kata pria asal Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat tersebut. 

Karena itulah, Anies memutuskan untuk turun tangan juga dalam hal politik. Tidak hanya urun angan. “Saya dulu di kampus Universitas Paramadina jika ada orang baik mau terjun ke politik, sudah pasti saya dukung," tutur Anies.

Anies menyebut standar memberikan dukungan dan turut turun tangan pada orang-orang yang ingin terlibat dalam politik ada dua. Yang pertama adalah berkompeten, yang kedua adalah berintegritas. 

"Selama kita nilai orang tersebut berkompeten dan berintegritas, ya harus didukung,” katanya. 

BACA JUGA:Arah Kebijakan Luar Negeri Capres (2): Anies Pilih Diplomasi Budaya

Karena itulah ide program turun tangan yaitu menumbuhkan semangat kerelawanan dalam dunia politik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: