Kenali! 6 Manfaat Minum Jamu Tradisional

Kenali! 6 Manfaat Minum Jamu Tradisional

Ilustrasi bakul yang berisi sejumlah jamu yang sering dibawa-bawa tukang jamu. -Kementerian Kesehatan RI-yankes.kemkes.go.id

HARIAN DISWAY- Jamu telah melekat bagi orang Indonesia sebagai tradisi kebudayaan lokal bangsa Indonesia, selain sebagai minuman kesehatan. Minuman Jamu juga sering dipakai obat dan rempah-rempah masakan.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, ada yang beranggapan bahwa jamu harus rutin diminum tiap hari agar badan terhindar dari rasa lesu dan pegal-pegal.

Kementerian Kesehatan pun memperbolehkan adanya pengobatan menggunakan obat tradisional dengan syarat sudah teruji secara klinis.

Adapun, dari laman yang sama diberikan informasi mengenai manfaat dari minuman traditional ini bagi kesehatan tubuh di antaranya:

1. Membantu mempertahankan imunitas

Temulawak, kunyit, dan jahe dikenal sebagai bahan dasar minuman jamu yang ampuh menangkal radikal bebas perusak sel tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan sebagai antioksidan.

BACA JUGA: Temulawak Jadi Tanaman Obat Unggulan, Wapres Minta Mutu dan Kualitas Temulawak Harus Dijaga

Temulawak dipercaya sebagai tanaman yang memberikan manfaat perlindungan pada organ hati. Jahe dipercaya berfungsi memperlancar peredaran darah dan menghangatkan tubuh.

Kunyit adalah tanaman yang memberikan antibiotik alami yang dapat melindungi organ pencernaan.

2. Meredakan nyeri

Rempah kunyit memiliki zat alami curcumin yang memiliki sifat anti inflamasi alami. Banyak wanita yang mengandalkan minuman jamu kunyit untuk meredakan nyeri haid bulanan.

Selain itu, kunyit telah terbukti secara klinis efektif untuk menyembuhkan osteoartritis, radang gusi, dan iritasi lainnya.

3. Sebagai obat dari penyakit hipertensi

Meniran, kunyit, seledri, temulawak, dan daun kumis kucing adalah beberapa dari bahan-bahan yang dicampurkan ke minuman jamu yang berguna untuk mengatasi hipertensi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: yankes.kemkes.go.id