Umrah Bersama Mabruro (2): Suasana Haru saat Keluarga Melepas di Bandara Juanda

Umrah Bersama Mabruro (2): Suasana Haru saat Keluarga Melepas di Bandara Juanda

TIGA PILAR Desa Kendalbulur, Tulungagung, pemenang Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 (dari kiri) Aipda Agus Wahyudi, Anang Mustofa, dan Serma Roy Setyawan di Bandara Juanda.-FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

Tiga pilar dari Desa Kendalbulur, Tulungagung, menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci. Bersama Mabruro biro haji dan umrah, mereka berangkat dari Bandara Juanda, 16 November 2023. 

---

MALAM sebelum hari keberangkatan, di kediaman Kepala Desa Kendalbulur Anang Mustofa, digelar syukuran dan doa bersama. Diikuti oleh keluarga, beberapa warga dan perangkat desa. Dalam kesempatan itu ia ingin meminta izin dan restu dari semua pihak. 

Sebab, ia dan dua pilar desa Kendalbulur: Bhabinkamtibmas Aipda Agus Wahyudi dan Babinsa Serma Rony Setyawan, melaksanakan ibadah umrah. "Berangkat besok pagi (kemarin, Red) hingga tanggal 27 November mendatang," ungkap Anang. 

Kesempatan umrah itu datang setelah Kelurahan Kendalbulur, Tulungagung, menjadi juara 1 Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023. Umrah gratis itu diberikan oleh penyedia jasa travel umrah dan haji khusus: Mabruro. Diserahkan oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa pada awarding night pada 20 September 2023. 

Pihak Mabruro telah menyediakan batik khusus jamaah umrah. Berwarna paduan biru tua dan biru muda dengan peci beraksen biru pula. Pada hari keberangkatan, 16 November 2023, ketiga pilar tersebut bergabung dengan jamaah Mabruro lainnya. Jumlah keseluruhan 17 orang.


Jamaah umrah dari Mabruro berfoto bersama di Bandara Juanda sebelum terbang ke Jeddah.-FOTO: BOY SLAMET-HARIAN DISWAY-

"Alhamdullilah sampai hari ini kami dalam keadaan sehat walafiat. Semoga semuanya berjalan lancar," ungkap Serma Rony. "Untuk persiapan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Dari manasik sampai menjelang keberangkatan," ujar Aipda Agus.

Setelah berdoa bersama, para jamaah sejenak berpamitan dengan keluarga mereka. Pun tiga pilar itu. Keluarga Aipda Agus menyempatkan untuk berfoto bersama sebelum berangkat. Istrinya, Evi Selvia Susanti, merangkul lengannya erat-erat. 

BACA JUGA:Umrah Bersama Mabruro (1): Pemenang Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023 Dilepas Dirbinmas Polda Jatim

BACA JUGA:Polda Jatim Lepas Tiga Pilar Desa Kendalbulur, Peraih Anugerah Patriot Jawi Wetan 2023, Umroh ke Tanah Suci

Aipda Agus tersenyum. "Alhamdullilah bisa menjalankan ibadah. Tidak menyangka dapat panggilan ke Baitullah," ujar Bhabinkamtibmas 43 tahun itu. Putrinya, Innara Maulida Agustin memeluk kaki ayahnya. Dia didampingi kerabat dan neneknya, mertua Aipda Agus yang tak henti-hentinya mengucap syukur.

Sekitar pukul 11, para jamaah Mabruro diarahkan menuju lounge lantai 2, T2 Bandara Juanda. Mereka menunggu keberangkatan pada pukul 14.45. Saat di dalam pesawat, jelang berangkat, Kepala Desa Anang membagikan video suasana dalam pesawat.

Nampak, para jamaah Mabruro duduk berdampingan. Wajah Serma Rony tertangkap kamera. Cerah dan penuh senyum. Mereka dijadwalkan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi pada pukul 21.45 waktu setempat. Melakukan proses imigrasi, kemudian melakukan perjalanan menuju Madinah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: