Pamor Firli Kian Selonjor

Pamor Firli Kian Selonjor

Ketua KPK Firli Bahuri sembunyi dalam mobil menghindari awak media usai diperiksa penyidik Bareskrim di Mabes Polri, Kamis, 16 November 2023-Tangkapan layar -

Ketua KPK Firli Bahuri belum menjadi tersangka di kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap tersangka korupsi Syahrul Yasin Limpo. Anehnya, setelah dimintai keterangan di Bareskrim Polri Kamis, 16 November 2023, Firli langsung ngibrit masuk mobil. Dalam mobil, ia meringkuk, menutupi wajah dengan tas.

FOTO Firli meringkuk dalam mobil itu disebar ke medsos oleh warganet. Mereka mendapatkan foto tersebut dari pemuatan di media massa. Jadinya viral. Aneka komen bertaburan. Bernada olok-olok ke Firli. 

Kejadian itu langka. Firli selaku ketua KPK biasa menggelar konferensi pers, setiap ada gelar perkara korupsi di gedung Merah Putih KPK Jakarta. Firli pensiunan polisi, pangkat terakhir jenderal bintang tiga. Posturnya tinggi tegap. Suaranya lantang. Juga, ramah kepada wartawan.

BACA JUGA: Firli Bungkam Usai Diperiksa 4 Jam, Penyidik Belum Tetapkan Tersangka Kasus Pemerasan SYL

Maka, kejadian Firli ngibrit menghindari wartawan seusai dimintai keterangan di Bareskrim Polri adalah kejadian aneh. Apalagi, setelah masuk mobil, ia duduk selonjor. Karena itu, kepalanya tidak tampak dari kaca jendela mobil yang tertutup. Ditambah lagi, wajahnya ditutupi tas hitam. 

Lalu, mobil Hyundai hitam berpelat nomor polisi B 1917 TJQ yang ditumpangi Firli bersama ajudan itu langsung berangkat, tancap gas. Itu gaya orang bersalah. 

Ian Iskandar, kuasa hukum Firli Bahuri, saat ditanya wartawan terkait sikap Firli itu di depan Bareskrim Polri, Kamis, 16 November 2023, tidak menjawab langsung. Ia menjawab tidak langsung.

BACA JUGA: Media Framing Kasus Firli-SYL

Ian Iskandar: ”Ya… Normal. Dimintai keterangan mulai jam 10 sampai jam 1 siang. Tiga jam lah ya. Normal.”

Mungkin maksudnya, normal capek setelah diperiksa tiga jam. Maka, Firli ingin segera menghindari wartawan dan langsung pergi.

Ian: ”Pak Firli masih berstatus saksi. Terkait apa saja yang ditanyakan, tanya saja ke penyidik, materinya.”

Di kasus ini, Firli diselidiki polisi sangat pelan. Polisi bertindak sangat hati-hati. Dengan begitu, prosesnya lama. Perkaranya dari penyelidikan sudah naik jadi penyidikan. Tinggal menunggu pengumuman tersangka. Masyarakat tidak sabar. Ingin segera tahu, benarkah Firli memeras Syahrul Yasin Limpo (SYL)? Kalau benar, pasti heboh.

BACA JUGA: Rumah Firli Digeledah, Nihil Penyitaan

Dengan proses lamban itu, Firli jadi seolah dipereteli (pamornya) satu per satu. Pertama, tersebarnya foto Firli duduk berdua dengan SYL di GOR Badminton, Jakarta. Firli istirahat main bulu tangkis, masih mengenakan kaus olahraga dan celana pendek. SYL mengenakan kemeja dan celana jins.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: