Dukung Prabowo-Gibran, Elektabilitas PAN di Pemilu 2024 Turut Melejit

Dukung Prabowo-Gibran, Elektabilitas PAN di Pemilu 2024 Turut Melejit

DUKUNG Prabowo-Gibran, elektabilitas PAN di pemilu 2024 turut melejit. Foto: Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan saat mendeklarasikan dukungan buat Prabowo pada April 2023 lalu.-Tim Media Prabowo Subianto-

HARIAN DISWAY - Partai Amanat Nasional (PAN) mengalami lonjakan elektabilitas dalam survei yang dilakukan oleh Indonesia Political Opinion (IPO) periode 10 - 17 November 2023.

Survei yang dilakukan secara nasional itu bertujuan untuk menghitung elektabilitas setiap partai politik yang berpartisipasi dalam di pemilu 2024 mendatang.

Dari hasil survei tersebut, PAN memperoleh poin 6,4 persen. Atau naik satu tingkat dibandingkan survei IPO pada periode Juni 2023. Saat itu, elektabitas PAN hanya 5,0 persen.

BACA JUGA: Bareng Bobby, Gibran Dicurhati soal Pupuk dan Bibit Kopi

BACA JUGA: Di Pontianak, Kaesang Disangka Gibran, Diajak Foto Bersama

Berkat kenaikan tersebut, PAN berhasil menempati posisi keenam dari total 18 partai politik yang berpartisipasi dalam pemilu 2024.


DUKUNG Prabowo-Gibran, elektabilitas PAN di pemilu 2024 turut melejit. Foto: Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menerima kunjungan di rumahnya pekan lalu (9/11).-Instagram Zulkifli Hasan-

Naiknya elektabiliats PAN itu disinyalir karena partai berlambang matahari biru itu memilih untuk bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM). Koalisi tersebut menjadi salah satu pengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Gara-gara aktif mendukung pasangan Prabowo-Gibran, eksistensi PAN secara tidak langsung turut diperhatikan oleh para pendukung kedua sosok tersebut. Hal itulah yang diduga memicu naiknya poin elektabilitas PAN di periode ini.

BACA JUGA: Prabowo Subianto Sepakat Hadiri Dialog Capres PP Muhammadiyah 24 November

"Keputusan PAN bergabung dengan dengan Koalisi Indonesia Maju untuk mendukung Prabowo Subianto sebagai presiden sudah tepat," kata Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, pada Sabtu, 18 November 2023.

"Dukungan itu turut menguntungkan buat PAN. Karena tingkat elektabilitas Prabowo saat ini juga tertinggi dibandingkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo," lanjut Dedi.

Selain poin elektabilitasnya mengalami kenaikan, poin popularitas PAN juga turut naik. Dalam survei IPO Juni lalu, poin popularitas PAN hanya sebanyak 72,5 persen. Pada periode ini, poin itu mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Yakni menjadi 74,5 persen.


DUKUNG Prabowo-Gibran, elektabilitas PAN di pemilu 2024 turut melejit. Foto: Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bersama Gibran Rakabuming Raka tiga pekan lalu. -Instagram Zulkifli Hasan-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: