Gus Ipul Melepas 10 Ribu Peserta Jalan Sehat Sarungan

Gus Ipul Melepas 10 Ribu Peserta Jalan Sehat Sarungan

SEPULUH ribu orang tumplek bleg di sepanjang Jalan Sultan Agung, Kota Pasuruan, dalam acara jalan sehat sarungan. -Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Kawasan sekitar Jalan Sultan Agung, Kota Pasuruan, mendadak dipenuhi warga yang mengenakan sarung. Sekitar 10 ribu orang berjubel di jalan tersebut untuk mengikuti jalan sehat sarungan yang merupakan puncak Hari Santri Nasional di Kota Pasuruan, Minggu, 19 November 2023. Sepuluh ribu orang tersebut antusias mengikuti rute sepanjang 8 kilometer dengan start di depan Kantor dinas pariwisata, pemuda, dan olahraga, kemudian finis di GOR Untung Suropati.

Ketua PCNU Kota Pasuruan H M. Nailur Rochman atau Gus Amak mengungkapkan, jalan sehat sarungan digagas untuk mengajak masyarakat berolahraga sekaligus memeriahkan HSN. Gus Amak menyebutkan, acara tersebut bisa dilaksanakan rutin dengan dukungan dari Pemerintah Kota Pasuruan.

BACA JUGA: Kota Pasuruan Punya E-Resep Guna di Peringatan Hari Kesehatan Nasional

"Kami sampaikan terima kasih kepada Pemkot Pasuruan yang men-support berbagai acara dalam peringatan Hari Santri Nasional di Kota Pasuruan. Semoga semunya menjadikan kota ini makin berkah," ungkap Gus Amak.

Sebelum memberangkatkan 10 ribu peserta jalan sehat sarungan, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengajak semua masyarakat untuk mendukung program Pemerintah Kota Pasuruan dalam menjaga kebersihan dan ketertiban. Laki-laki yang juga menjabat sekjen PBNU itu berharap agar masyarakat mematuhi aturan dan tata tertib untuk menjaga sarana dan prasarana umum.

BACA JUGA: Dinas Kominfo Kota Pasuruan Adakan Pelatihan Jurnalistik untuk KIM

"Ayo, dijaga kebersihan dan ketertiban lingkungannya. Dimulai dengan rumahnya sendiri dan pondoknya, sekolahnya, supaya Kota Pasuruan makin indah," ujar Gus Ipul.

Antusiasme peserta jalan sehat sarungan tampak sesudah bendera start dimulai. Jalan sehat mengenakan sarung dirasa lebih santai dan sehat daripada mengenakan seragam olahraga.

"Lebih sehat pakai sarung, terasa santai jalannya," kata Saikhu, salah seorang peserta dari ranting Bugul Kidul. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: