Dinas Kominfo Kota Pasuruan Adakan Pelatihan Jurnalistik untuk KIM

Dinas Kominfo Kota Pasuruan Adakan Pelatihan Jurnalistik untuk KIM

Peserta menyimak materi pelatihan jurnalistik -Lailiyah Rahmawati-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Dalam rangka meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) seluruh anggota Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Pasuruan, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kota Pasuruan menggelar pembinaan pelatihan jurnalistik dan videografi pada Kamis, 16 November 2023 di ruang rapat mini kantor Pemkot Pasuruan.

Kepala Diskominfotik Kota Pasuruan Imam Subekti membuka secara resmi pembinaan pelatihan yang diikuti perwakilan KIM di 34 kelurahan di Kota Pasuruan.


KIM sebagai ujung tombak untuk membantu menyampaikan informasi -Lailiyah Rahmawati-

Dalam sambutannya, Imam menyampaikan bahwa peran KIM sebagai sebuah komunitas adalah mitra pemerintah daerah yang berperan dalam menyebarluaskan informasi di wilayah masing-masing.

BACA JUGA: Disparpor Kota Pasuruan Bentuk Komite Ekonomi Kreatif

BACA JUGA: Kompetisi Pelayanan Publik (Kolabik) Tahun 2023 Kota Pasuruan Disambut Antusiasme Pendaftar

“Diskominfotik terus berupaya meningkatkan SDM KIM, yang mana KIM sebagai pemburu berita yang bertugas melayani masyarakat dengan berita aktual pada wilayah masing-masing. KIM berperan penting membantu pemerintah dalam menyampaikan berita yang positif,” ujar Imam.

Tak dapat dimungkiri, dalam era digital saat ini, penyampaian informasi harus lebih kreatif dan menarik agar dapat menjangkau seluruh kalangan masyarakat.

Melalui kegiatan itu, Imam berharap agar KIM Kota Pasuruan mampu mengembangkan kemampuannya dalam pembuatan berita dan video yang kreatif dan inovatif.

BACA JUGA: Ini Kelurahan Juara The Best Kampung Hebat dan Lomba Gapura Hias Kota Pasuruan

BACA JUGA: Tiga Ribu Porsi Ikan Dibagikan Gratis oleh Dinas Perikanan Kota Pasuruan

“Selamat mengikuti pembinaan ini yang menjadi wadah dalam menimba ilmu. Harapannya, melalui kegiatan ini, KIM dapat mengolah informasi aktual yang lebih kreatif dan menarik,” ujar Imam.

Adapun narasumber yang dihadirkan untuk pembinaan bidang jurnalistik adalah Muhajir, jurnalis dari Detik.com. Ia membagikan materi mengenai jurnalisme, mulai cara cepat menulis berita hingga tip membuat judul berita yang menarik.

“Usahakan berita yang kita usung ini unik dan menarik. Yang paling penting, harus mengandung unsur 5W + 1H (apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, dan bagaimana). Jika unsur ini sudah didapat secara lengkap, memudahkan kita dalam membuat berita yang informatif,” paparnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: