Tiga Ribu Porsi Ikan Dibagikan Gratis oleh Dinas Perikanan Kota Pasuruan

Tiga Ribu Porsi Ikan Dibagikan Gratis oleh Dinas Perikanan Kota Pasuruan

Fatma Saifullah Yusuf dan Ani Wibowo memasak menu ikan di peringatan Hari Ikan Nasional-Dinas Kominfotik Kota Pasuruan-

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Dinas Perikanan Kota Pasuruan menggelar festival yang bertajuk FISHTIVAL KULINER dengan tujuan menyosialisasikan kepada masyarakat luas tentang manfaat makan ikan. Tiga ribu porsi ikan dibagikan gratis oleh Dinas Perikanan Kota Pasuruan.

Festival itu dibuka Fatma Saifullah Yusuf sebagai ketua Forikan Kota Pasuruan pada Minggu, 12 November 2023, di GOR Kota Pasuruan. Acara dimulai dengan masyarakat menukarkan kupon yang disediakan panitia sebanyak 3.000 porsi. Kemudian, dilakukan makan ikan secara bersama-sama.

BACA JUGA: Semangat Fatma Saifullah Yusuf Kampanyekan ISI PIRINGKU

BACA JUGA: Fatma Saifullah Yusuf Gandeng Bidan,Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Fatma Saifullah Yusuf (Fatma) selaku Ketua Forikan Kota Pasuruan mengajak masyarakat agar turut meningkatkan konsumsi ikan guna mendukung pertumbuhan anak. Gizi ikan sangat baik untuk tumbuh kembang anak-anak.

 

"Ikan tidak hanya lezat, tapi juga kaya akan manfaat dan nutrisi, terutama bagi kesehatan kita semua," kata Fatma.

Menurut Fatma, Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), khususnya di Kota Pasuruan, perlu di didukung dan disukseskan bersama-sama. Salah satunya melalui jargon "Ayo Mancing (Makan Ikan Cegah Stunting)".

"Melalui gerakan ini, diharapkan masyarakat sadar tentang pentingnya makan ikan dan gemar mengonsumsi ikan yang aman, sehat, dan bergizi, agar anak-anak generasi emas bangsa ini menjadi anak-anak yang sehat, kuat, dan cerdas," ujar Fatma.

BACA JUGA: Bunda Fatma Ajak Wali Murid Perkuat Transisi PAUD ke SD di Pasuruan

BACA JUGA: Fatma Saifullah Yusuf Kenalkan Keindahan Batik Kota Pasuruan

Melalui kegiatan itu, diharapkan masyarakat juga bisa makin tahu dan makin sadar tentang pentingnya makan ikan. Ke depan ikan bisa menjadi menu utama di meja makan.

"Diharapkan ikan bisa menjadi menu wajib di meja makan. Baik olahan ikan air tawar maupun ikan air laut karena kandungan gizinya sama-sama baiknya," jelas Fatma.

Melalui data, fatma memaparkan bahwa pada 2021 angka konsumsi ikan sebesar 43,64 kg per kapita per tahun dan meningkat 13,4 persen di tahun 2022 menjadi 49,48 kg per kapita per tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: