Bunda Fatma Ajak Wali Murid Perkuat Transisi PAUD ke SD di Pasuruan

Bunda Fatma Ajak Wali Murid Perkuat Transisi PAUD ke SD di Pasuruan

Bunda Fatma senam bersama anak-anak PAUD Kota Pasuruan -Dinas Kominfo Kota Pasuruan -

PASURUAN, HARIAN DISWAY - Bunda PAUD Kota Pasuruan, Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf (Fatma), mengajak seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari orangtua, guru, hingga kepala sekolah, untuk bersama-sama menyukseskan gerakan transisi dari PAUD ke SD dengan pendekatan pembelajaran yang asyik, menyenangkan, dan bermakna. Gerakan ini akan dimulai sejak tahun ajaran baru.

Menurut Fatma, terdapat tiga target fokus yang harus diimplementasikan dalam proses transisi PAUD-SD itu. Pertama, adalah penghapusan tes calistung pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD. Kedua, adalah pelaksanaan masa perkenalan lingkungan sekolah minimal selama 2 minggu. Dan yang ketiga, adalah penerapan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

BACA JUGA:Pesan Gus Ipul Saat Sholat Iduladha Bersama Warga Randusari

BACA JUGA:Rekomendasi Raker Apeksi Kota Pasuruan Dibawa ke Rakernas Makassar

"Kita perlu bersama-sama memperkuat transisi dari PAUD ke SD agar pesan ini dapat tersampaikan lebih cepat. Harapannya, semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan memahami gerakan ini, sehingga ketika anak-anak memasuki SD, gerakan tersebut sudah terimplementasi dengan baik oleh semua pihak," ujar Fatma dalam sambutannya pada acara lomba Hari Anak Nasional di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan.


Bunda Fatma dan Bunda Ani menerima penyambutan dari anak-anak PAUD-Dinas Kominfo Kota Pasuruan -

Fatma menjelaskan bahwa gerakan ini diinisiasi untuk memastikan hak anak dalam mendapatkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sejak usia dini. Tujuan utamanya adalah membuat belajar tidak menjadi beban, melainkan membuat anak belajar sambil bermain. Sebagai bonusnya, anak-anak akan menjadi cerdas, mandiri, kreatif, dan bahagia.

"Oleh karena itu, pembelajaran di PAUD terutama untuk meningkatkan perkembangan otak anak harus dipahami oleh seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan, mulai dari orangtua, guru, hingga kepala sekolah," jelas Fatma.

BACA JUGA:Fatma Saifullah Yusuf Kenalkan Keindahan Batik Kota Pasuruan

BACA JUGA:Bumbu Gongsoan Khas Kota Pasuruan Diserbu Peserta Rakerkomwil Apeksi

Fatma berharap adanya kolaborasi, kerja sama, dan kontribusi dari semua pihak untuk memajukan PAUD di Kota Pasuruan menjadi generasi emas.

Acara lomba Hari Anak Nasional itu dimeriahkan dengan berbagai lomba, seperti lomba permainan tradisional, menggambar, bercerita, menari, dan lain sebagainya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: