Ojol Belajar Nulis: Sinau Bareng Relawan RESPEK Indonesia Siaga

Ojol Belajar Nulis: Sinau Bareng Relawan RESPEK Indonesia Siaga

Ojol Belajar Nulis: Sinau Bareng Relawan RESPEK Indonesia Siaga di Kopi Tani Sidoarjo, Minggu, 19 Mei 2024.-RESPEK Indonesia-

SIDOARJO, HARIAN DISWAYRESPEK Indonesia Siaga, sebuah organisasi non-profit yang berfokus pada kemanusiaan dan relawan, mengadakan pelatihan jurnalistik bertajuk "Sianau Bareng Respek" di Cafe Kopi Tani Sidoarjo, Minggu, 19 Mei 2024.

Acara itu bertujuan untuk memperkenalkan dasar-dasar jurnalistik kepada para driver ojek online (ojol) dari Surabaya dan Sidoarjo.

Pelatihan digelar secara gayeng lewat kopi darat (kopdar) di Kopi Tani Sidoarjo.

Memperkenalkan RESPEK Indonesia Siaga

Founder RESPEK Indonesia, Rori Mauludi, membuka acara dengan memperkenalkan organisasi yang didirikan pada tahun 2022 itu.

Ia menjelaskan bahwa RESPEK Indonesia Siaga merupakan komunitas ojol dan relawan yang berpusat di Surabaya dan Sidoarjo.

"Kami adalah yayasan non-profit yang didirikan dengan tujuan kemanusiaan, seperti membantu korban bencana, sosial, dan kecelakaan," jelas Rori.

BACA JUGA:Hore! Menaker Imbau Ojol Dapat THR dari Aplikator, Ini Masukan PDOI Jatim..

BACA JUGA:Ojol Ancam Boikot Semua Order di Apartemen Puncak Kertajaya Surabaya, Ada Apa?

Ia berharap melalui organisasi ini, para relawan dapat selalu membantu mereka yang mengalami bencana, dengan mengulurkan tangan dan meringankan beban mereka.

Meningkatkan Kemampuan Relawan melalui Pelatihan Jurnalistik

RESPEK Indonesia Siaga mengembangkan kemampuan relawannya dengan menyelenggarakan pelatihan jurnalistik. Mayoritas anggotanya adalah ojol yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

"Teman-teman ojol ini sangat dekat dengan informasi karena berada langsung di lapangan dan berpotensi menjadi pewarta. Misalnya, jika ada kecelakaan atau bencana, mereka bisa menarasikannya dalam berita," ujar Rori.

Salman, jurnalis dari Harian Disway, membagikan pengetahuan dan pengalamannya tentang cara menulis berita, melakukan wawancara, dan teknik-teknik dasar jurnalistik kepada para peserta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: