Berwawasan Global yang Luas, Capres Prabowo Subianto Dinilai Mampu Bawa Indonesia Berjaya di Dunia

Berwawasan Global yang Luas, Capres Prabowo Subianto Dinilai Mampu Bawa Indonesia Berjaya di Dunia

Berwawasan Global yang Luas, Capres Prabowo Subianto Dinilai Mampu Bawa Indonesia Berjaya di Dunia. Tampak Prabowo berbicara dengan Menhan AS di sela-sela Konferensi Menteri Pertahanan ASEAN di Jakarta, 16 November 2023.-Bay Ismoyo-AFP-

HARIAN DISWAY – Capres Prabowo Subianto dinilai sebagai sosok yang cocok untuk membawa kejayaan bagi Indonesia di dunia internasional. Modalnya adalah prestasi, pencapaian, dan sepak terjangnya selama menjabat sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) di era Jokowi. Semua itu dipandang sebagai kredibilitas tinggi yang membuktikan wawasan global calon presiden (Capres) dengan nomor urut 2 tersebut.

Selain itu, sebagai seseorang yang pernah mengabdikan hidupnya di militer, Prabowo dikenal punya keberanian yang tinggi untuk mengungkapkan pendapatnya di forum-forum internasional. Dengan Prabowo mewakili Indonesia di sejumlah forum internasional, negeri ini dinilai lebih disegani.

Luasnya wawasan global Prabowo dinilai tak lepas dari latar belakangnya yang pernah menginjakkan kaki di beberapa negara untuk mengenyam pendidikan. Anak begawan ekonomi Soemitro Djojohadikoesoemo itu melewati pendidikan dasarnya di Singapura dan Hong Kong. Di jenjangsekolah menengah pertama, Prabowo berpindah ke Malaysia dan Swiss. Setelah itu, pendidikan menengah atas dijalani di Inggris.

BACA JUGA: Cerita Kedekatan Prabowo dengan Gus Dur dan Cocok dengan NU Sejak Muda

Prabowo juga mengambil pendidikan untuk militernya di Jerman pada 1981 semasa masih menjadi seorang perwira. Kala itu, ia mengambil pendidikan Counter Terrorism Course Gsg-9.

Seluruh jalur pendidikan itu tentu memengaruhi pemikiran dan cara pandang Prabowo pada dunia. Dengan pola pikir yang terpacu tak hanya pada domestik namun juga pada wawasan global, maka tak heran apabila selama ini Prabowo kerap menonjolkan kiprahnya di dunia internasional dengan menghadiri berbagai forum-forum internasional.

Salah satu forum yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan RI itu adalah forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue. Dalam forum tersebut, Prabowo berkesempatan untuk berpidato di depan seluruh hadirin yang berasal dari berbagai negara. Di sana, ia juga membahas tentang pentingnya perdamaian dunia.

Prabowo dengan tegas menyampaikan bahwa perdamaian dunia harus dilakukan. Ia mengambil contoh negara berkonflik yang saat itu sedang panas, yaitu Ukraina dan Russia. Mereka harus segera menghentikan konflik mereka dan segera melakukan gencatan senjata.

BACA JUGA: Dukung Prabowo-Gibran, Elektabilitas PAN di Pemilu 2024 Turut Melejit

Ketegasan seperti itu yang dinilai sangat cocok untuk dimiliki oleh seorang pemimpin suatu negara. Agar negaranya disegani di dunia internasional. Hal ini juga disampaikan oleh Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie.

Menurutnya, dengan pemimpin berwawasan global, Indonesia akan makin cepat melaju untuk menjadi negara maju. Dan contoh pemimpin yang berwawasan global itu ada dalam diri Prabowo.

“Pak Prabowo memiliki wawasan global yang berkat segudang pengalamannya selama ini,” kata Jerry dalam keterangannya pada Minggu (19/11/2023). (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: