Lelah dengan Pekerjaan? Ini 5 Kegiatan Positif yang Dapat Mengurangi Stres

Lelah dengan Pekerjaan? Ini 5 Kegiatan Positif yang Dapat Mengurangi Stres

Lelah dengan pekerjaan? Ini lima kegiatan positif yang dapat megurangi stres. -Andrea Piacquadio-Pexels

Selain itu, Kegiatan ini bisa dijadikan cara untuk memproses emosi dan menenangkan pikiran, sehingga tekanan di kepala akan berkurang. Dalam melukis dan mewarnai, Anda juga tak perlu memperhatikan aturan-atauran yang ada. Anda bisa berekspresi sebebas mungkin! 

  • Berkebun 

Mungkin bagi beberapa orang, berkebun merupakan hal yang ribet, karena harus mengurus tanaman setiap hari. Tapi siapa sangka berkebun bisa menjadi sarana untuk menghilangkan rasa stress. 

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Berkebun sendiri merupakan satu kegiatan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 


Lelah Dengan Pekerjaan? Ini Dia 5 Kegiatan Positif Yang Dapat Mengurangi Stres-cottonbro studio-Pexels

Mengutip dari VeryWellMind, sebuah penelitian menemukan bahwa berkebun dapat menekan kenaikan mood dan hormon stres, lo. Selain itu, mengurangi stres, dengan berkebun Anda bisa jadi lebih produktif. 

Dengan bercocok tanam atau sekedar menyiram tanaman di kebun pada pagi hari, Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi dari matahari. Selain itu, lingkungan rumah akan menjadi lebih hijau dan asri karena adanya tanaman di sekitarnya. 

  • Yoga 

Yoga tak hanya olahraga fisik yang menyehatkan tubuh. Olahraga yang satu ini juga dapat meredakan stres, lo! Aktivitas yoga dapat menyeimbangkan tubuh dan mental sehingga fisik dan pikiran menjadi lebih santai dan damai. 

Hal inilah yang membuat yoga dapat membuat pelakunya menjadi lebih rileks sehingga dapat mengelolah stres dan kecemasan dengan lebih baik. Dalam yoga ada 3 hal inti yang penting bagi tubuh dan mental. 


Lelah Dengan Pekerjaan? Ini Dia 5 Kegiatan Positif Yang Dapat Mengurangi Stres-Prasanth Inturi-Pexels

Yang pertama adalah pose. Pose yoga merupakan rangkaian gerakan yang dibuat untuk merenggangkan otot serta menguatkan dan melenturkan tubuh. 

Yang kedua adalah pernapasan. Pernapasan dalam yoga dilakukan dengan tujuan agar pelakinya dapat mengontrol pernapasan, hal ini dinilai akan mampu mengontrol tubuh serta menenangkan pikiran. 

Yang terakhir adalah mediasi. Mediasi dapat membuat pelaku yoga menjadi lebih positif dan lebih tenang. 

  • Memasak 

Jika tak ingin banyak bergerak, Anda bisa lakukan hal yang satu ini, ini! Memasak bisa mengurangi stres juga, lo! 


Lelah Dengan Pekerjaan? Ini Dia 5 Kegiatan Positif Yang Dapat Mengurangi Stres-On Shot-Pexels

Dengan membuat makanan atau snack yang Anda sukai, mood Anda pasti akan langsung menjadi lebih baik. Anda juga bisa menikmati atau membagikan masakan yang Anda masak. Patinya akan ada perasaan senang ketika orang menikmati masakan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber